Breaking News:

Video

VIDEO Sistem Keuangan Syariah di Aceh, Aminullah Usman: Salah Teknis bukan Syariah

MES berfungsi sebagai lembaga untuk mensosialisasikan keuangan syariah kepada masyarakat. Selain itu, MES juga memiliki peran dalam memberikan teknis

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Safriadi Syahbuddin

SERAMBINEWS.COM - Video kedua pembahasan mengenai ekonomi syariah di Aceh bersama Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM, sekaligus Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Provinsi Aceh.

MES berfungsi sebagai lembaga untuk mensosialisasikan keuangan syariah kepada masyarakat. Selain itu, MES juga memiliki peran dalam memberikan teknis melahirkan sebuah sistem maupun lembaga keuangan syariah.

"Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) berfungsi sebagai sosialisasi kepada masyarakat. Kemudian ikut serta dalam pemerintah dalam melahirkan Qanun maupun lembaga keuangan, MES siap memberikan teknis dalam ekonomi syariah.

Seperti pembuatan Qanun nomor 11 tahun 2018, peran MES sangat besar, sehingga lahirlah Qanun tersebut," ulas Wali Kota Banda Aceh saat melakukan wawancara khusus dengan Serambi on TV, Jumat (20/8/2021).

Pak Wali sapaan Aminullah Usman menerangkan, sebagai Ketua MES Provinsi Aceh, ia melihat sebenarnya permasalahan terkait riuhnya menyudutkan syariah bukan pada penerapan syariah, melainkan pada teknis penerapan.

"MES Menyikapi keadaan bank di Aceh, sebenarnya bukan permasalah syariah tapi permasalah teknis, karena banyak bank konvensional bergabung dalam satu bank syariah, sehingga mengakibatkan antrian panjang dan permasalah lain," katanya.

Baca juga: Cara Aminullah Usman Wali Kota Kota Banda Aceh Perangi Lintah Darat

Baca juga: Aminullah Jadi Pembicara Seminar Nasional Ekonomi Syariah

Lanjutnya, ia menerangkan durasi waktu konversi yang dianggap sangat singkat, mengakibatkan permasalahan, apabila durasi lebih lama, maka tidak akan terjadi permasalahan seperti yang dirasakan masyarakat saat ini.

"Permasalah ini karena waktu yang singkat, seadainya durasinya lebih panjang, mungkin tidak akan terjadi seperti ini," ulasnya.

Sebagai lembaga yang berfokus pada keuangan syariah, MES berperan memberikan edukasi pada masyarakat, agar tidak menyudutkan syariah.

Karena sebelumnya sudah tercatat, konversi dari Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah, tidak ada kendala apapun, karena perpindahan tersebut dilakukan dengan matang.

"Peran MES sebagai lembaga masyarakat syariah memberikan pemahaman kepada para nasabah, agar jangan menyalahkan syariah, karena sudah ada bukti, seperti dulu konversi Bank Aceh menjadi Bank Aceh Syariah, tidak ada kendala dan lancar," tutup Mantan Direktur Utama Bank Aceh ini.

Editor : Syamsul Azman

Baca juga: BERITA POPULER - Hari Terakhir Prof Farid Wajdi, Putra Aceh Kerja di Facebook, Duel Maut di Singkil

Baca juga: BERITA POPULER Prof Syamsul Rijal jadi Staf Menteri sampai Aceh dapat Internet Gratis

Baca juga: BERITA POPULER - TV Digital, Ibu Pantau Aktivitas Ranjang Pengantin hingga Body Shaming Nurul Akmal

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved