Breaking News:

Sekda Bener Meriah Luncurkan Program ‘Halamanku Lahan Giziku’

Plt Bupati Bener Meriah, Dailami yang diwakili Sekda Drs Haili Yoga MSi, meluncurkan program inovasi ‘Halamanku Lahan Giziku

Editor: bakri
Prokopim Bener Meriah     
Sekda Bener Meriah, Drs Haili Yoga MSi, meluncurkan Program Inovasi “Halamanku Lahan Giziku” di Kampung Bukit Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Jumat (3/8/2021) 

REDELONG - Plt Bupati Bener Meriah, Dailami yang diwakili Sekda Drs Haili Yoga MSi, meluncurkan program inovasi ‘Halamanku Lahan Giziku’, di Kampung Bukit Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Jumat (3/8/2021).

Kegiatan itu juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita, Kadis Kesehatan, Kadis Dukcapil, Kadis P2TPKB, Sekretaris Dinas Pertanian, Kadis PU, unsur Forkopimcam Timang Gajah dan para reje serta masyarakat setempat.

Sekda Haili Yoga menyampaikan, stunting dan kemiskinan masih merupakan permasalahan yang krusial saat ini di Indonesia pada umunnya, khususnya di wilayah Kabupaten/kota. Ci beberapa wilayah bahkan menetapkan program ketahanan pangan dalam mengatasi permasalahan kemiskinan, meski pada hakikatnya, tetap harus didasari atas kesadaran warga dalam kelompok masyarakat.

"Adapun yang harus kita ketahui bahwa stunting berkaitan erat dan termasuk karakteristik penyebab kemiskinan, untuk itu, dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting. Strategi yang paling utama yang harus kita upayakan adalah meningkatkan kesadaran diri masing-masing masyarakat dalam meningkatkan mutu hidup sehat salah satunya yaitu melalaui konsumsi bahan-bahan pokok yang bergizi. Oleh karena itu, dalam hal ini, kami mengapresiasi inovasi yang diciptakan oleh Kampung Bukit Tunyak, kecamatan Timang Gajah yang telah menciptakan program dukungan pencegahan dan penanganan stunting serta pengentasan kemiskinan dengan program inovasi ‘Halamanku Lahan Giziku’ ini," ujarnya.

Dikatakan, stunting adalah masalah gizi kronis akibat asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, misalnya seperti diet yang tidak sehat, dan stunting adalah dampak dari kemiskinan, sehingga penanganan stunting menjadi prioritas dalam program pemberantasan kemiskinan selain asupan makanan, kebersihan lingkungan juga berkontribusi menyebabkan stunting.

Untuk itu, tambahnya, stunting dan kasus kemiskinan ini harus ditangani dengan serius, sehingga penanggulangan kemiskinan berjalan baik, seperti mulai dari pemanfaatan lahan menjadi area penanaman kebutuhan pangan dan gizi, menjaga lingkungan dari sampah dan meningkatkan program pemberdayaan masyarakat hidup sehat.

"Harapan kami, melalui kegiatan ini dapat memberi dampak dan pengaruh yang positif bagi segenap lapisan masyarakat yang ada di Bener Meriah, khususnya masyarakat dalam wilayah Kecamatan Timang Gajah ini, sehingga dapat berkontribusi secara langsung dalam mendukung program pemerintah mengenai pencegahan dan penanganan stunting serta mengurangi kemiskinan yang ada di Bener Meriah," tutupnya.(hbm/*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved