Breaking News:

Kajian Islam

Niat, Tata Cara, Serta Doa Usai Shalat Istikharah, Biasa Dilakukan dalam Memilih Jodoh dan Lainnya

Shalat Istikharah juga biasanya kerap dilakukan dalam memilih jodoh, memilih pekerjaan, memilih tempat tinggal dan segala pilihan yang sulit.

Editor: Mursal Ismail
Istimewa
Ilustrasi shalat dan bersujud 

SERAMBINEWS.COM - Shalat Istikharah adalah shalat yang dilakukan umat Muslim untuk meminta petunjuk kepada Allah dalam memilih sesuatu dari beberapa pilihan. 

Shalat Istikharah juga biasanya kerap dilakukan dalam memilih jodoh, memilih pekerjaan, memilih tempat tinggal dan segala pilihan yang sulit.

Dalam Buku Pintar Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Ust M Syukron Maksum, dijelaskan bahwa shalat Istikharah ini hukumnya sunnah.

Dilaksanakan ketika hati seorang hamba dihinggapi rasa ragu dalam memilih satu dari beberapa hal pilihan yang dihadapkan.

Yang mana pilihan yang akan dipilih itu diharapkan merupakan pilihan yang terbaik nantinya.

Sementara itu, meski tidak timbul keraguan dalam hati, dengan shalat istikharah ini diharapkan juga dapat memantapkan pilihan dan semakin mendapat petunjuk dari Allah Yang Maha Tau.

Sebab seorang hamba tidak akan tahu apa yang terjadi di masa yang akan datang, begitu pula dengan pilihan yang akan dipilih.

Seperti diterangkan oleh Allah SWT dalam Surah Al-Baqarah ayat 216.

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Al-Baqarah: 216).

Berikut Panduan dan Tata Cara melaksanakan Shalat Istiqarah seperti diterangkan dalam buku tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved