Breaking News:

Berita Aceh Barat

Dongkrak Perekonomian Warga, Lazismu Aceh Salurkan Zakat Produktif Untuk Fakir Miskin di Meulaboh

Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), Aceh Barat, Selasa (14/7/2020) menyalurkan zakat produktif pemberdayaan ekonomi

Penulis: Sa'dul Bahri | Editor: Muhammad Hadi
Foto/Dok Lazismu Meulaboh.
Pengurus Lazismu Aceh Barat menyerahkan zakat produktif untuk modal usaha kepada fakir miskin, Selasa (14/9/2021) yang berlangsung di Sekretariat Lazismu di Meulaboh. 

Laporan Sa'dul Bahri | Aceh Barat

SERAMBINEWS.COM, MEULABOH - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu), Kabupaten Aceh Barat, Selasa (14/7/2020) menyalurkan zakat produktif pemberdayaan ekonomi produktif kaum dhuafa, fakir miskin di Sekretariat Lazismu setempat di Meulaboh.

Penerima zakat produktif yang terpilih tahun ini mencapai 19 orang, yang dinilai paling miskin, dengan jumlah besaran yang mereka terima masing-masing sekitar Rp 450 ribu per orang.

Bantuan itu sebagai modal usaha seperti penjualan cendol, menjahit sepatu, penjual goreng pisang dan penjual sayur serta penjual sirih.

Baca juga: BI Gandeng Rumah Zakat Salurkan Tabung Oksigen

"Zakat produktif ini kita harapkan bisa menjadi modal mereka dan mengantisipasi adanya rentenir, sementara zakat yang mereka terima tidak ada pengembalian.

Jika mereka mengambil rentenir tentu pengembalian lebih besar dari yang diambilnya dan hal itu tidak dibenarkan,” kata Ketua Ketua Lazismu Aceh Barat H Ansarullah SSos kepada Serambinews.com, Rabu (14/9/2021) di Meulaboh.

Bantuan zakat tersebut diharapkan mereka mampu meningkatkan perekonomian mereka.

Diharapkan kedepan mereka akan menjadi orang yang akan membayar zakat dari pendapatannya jika bisa berkembang.

Baca juga: Polres Aceh Jaya Tangkap 11 Terduga Pelaku Pembunuh 5 Ekor Gajah

“Meski sedikit, namun kita harapkan zakat yang mereka terima itu bisa bermanfaat untuk menjadi modal usaha bagi pedagang kecil di kawasan Meulaboh dan sekitarnya,” harapnya.

Disebutkan, meski dalam jumlah yang kecil, hal itu sebagai pemula, hingga ke depan diharapkan penerima zakat produktif semakin banyak lagi dari tahun ini.

Menyangkut hal tersebut pihaknya berharap para pengusaha dapat menyerahkan zakatnya ke Lazismu agar penerima bantuan produktif semakin bertambah kedepan.

Baca juga: Kejari Sabang Gelar Rakor Penguatan Sinergitas Bersama Penyidik

Sementara zakat selama ini diterima dari para keluarga besar Lazismu dan sejumlah pengusaha di Meulaboh.

Bantuan tersebut diharapkan dapat mereka manfaatkan sebaik mungkin, meski jumlah kecil namun bantuan tersebut bagian dari pada perhatian yang diberikan kepada mereka yang kurang mampu.

Zakat tersebut diberikan setiap tahunnya yang bersumber dari muzaki.(*)

Baca juga: 2 Balita Laki-laki Kakak Adik Meninggal Tenggelam di Saluran Irigasi Juli Bireuen, Orang Tua Pingsan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved