Breaking News:

Berita Aceh Timur

KKP Siap Jadikan Aceh Timur Sebagai Daerah Produsen Udang Vaname

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi udang nasional sebanyak 2 juta ton per tahun pada 2024

Penulis: Seni Hendri | Editor: Muhammad Hadi
Dok KKP
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono meninjau langsung klaster tambak udang vaname di, Gampong Matang Rayeuk, Aceh Timur, Selasa (7/9/2021). 

Laporan Seni Hendri Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menargetkan produksi udang nasional sebanyak 2 juta ton per tahun pada 2024. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) telah mendorong program terobosan untuk menggenjot produktivitas dan kontinuitas budidaya udang di Indonesia yakni melalui pengembangan budidaya tambak udang vaname berkelanjutan. 

Salah satu lokasi yang menjadi daerah produksi budidaya udang tersebut adalah Kabupaten Aceh Timur.  

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Tb Haeru Rahayu dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (17/9/2021).

Menurutnya, udang merupakan komoditas ekspor unggulan yang diharapkan memberi kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. 

Baca juga: Jalan Kuta Makmur Aceh Utara Rusak Parah, Dana Perbaikan Dipangkas

Pasalnya pasar ekspor udang sangat besar, dan Indonesia menjadi salah satu dari 5 (lima) produsen udang terbesar di dunia. 

Oleh karenanya, produksi udang nasional harus didorong terus. Untuk mengejar itu, harus mampu memanfaatkan daerah potensial produksi salah satunya Aceh Timur ini. 

“Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono sebelumnya mengatakan saat berkunjung ke tempat tambak udang di Aceh Timur, karena kita ingin mencapai target 2 juta ton per tahun di 2024.

Aceh Timur masuk dalam radar produksi karena punya kontribusi yang cukup besar dan infrastrukturnya menunjang,” ujar Dirjen yang biasa disapa Tebe.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved