Breaking News:

Berita Aceh Tamiang

Kisruh Tapal Batas Aceh dan Sumut di Tenggulun Aceh Tamiang, Kapolres: Tetap Merujuk Permendagri

"Tetap tenang, masalah perbatasan sudah jelas Permendagri 28 Tahun 2020. Tinggal menunggu pelaksanaannya (pemasangan patok batas) saja," kata Kapolres

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS/dok Warga
Sejumlah orang melakukan aktivitas di Kampung Tenggulun, Aceh Tamiang yang diduga sudah masuk kawasan TNGL. 

Laporan Rahmad Wiguna | Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali meminta masyarakat Adilmakmur II, Desa Tenggulun tetap tenang dan tidak terpancing ikut merambah kawasan yang terindikasi bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Imbauan ini disampaikan Imam pasca-insiden kericuhan yang melibatkan seratusan masyarakat Adilmakmur II dengan tim kehutanan dari Sumatera Utara, Jumat (24/9/2021) malam.

Imam pun menegaskan persoalan tapal batas Aceh dengan Sumatera Utara di titik Tenggulun, Aceh Tamiang tetap merujuk Permendagri Nomor 28/2020.

"Tetap tenang, masalah perbatasan sudah jelas Permendagri 28 Tahun 2020. Tinggal menunggu pelaksanaannya (pemasangan patok batas) saja," kata Imam, Sabtu (25/9/2021).

Terkait informasi adanya aksi perambahan kawasan TNGL oleh kelompok yang diduga dari Sumatera Utara, Imam memastikan akan mendalaminya.

Secara tegas, Imam menyatakan akan melindungi dan mengakomodir kepentingan masyarakat Aceh Tamiang sesuai regulasi.

Baca juga: Suasana Kelurahan di Kota Binjai Mencekam, Preman Bayaran Mafia Tanah Bacok Pembuat Tapal Batas

"Kepentingan masyarakat kita di situ harus dilindungi dan diakomodir, semuanya harus sesuai aturan hukum," ujarnya.

Kericuhan itu sendiri disebabkan adanya putusan PN Stabat, Sumatera Utara atas gugatan yang dilakukan pensiunan PNS, Bukhary (68), pada 10 Maret 2021 terhadap lahan seluas 1.100 hektare.

Padahal hasil tracking Forkopimda Aceh Tamiang pada 6 April 2021, objek eksekusi telah memasuki wilayah administratif Pemkab Aceh Tamiang sejauh 569,79 meter.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved