Breaking News:

Lifestyle

Sudah Tahu Tumbuhan Beluntas? Ternyata Berkhasiat Cegah Sakit Pinggang Bagi Pria dan Manfaat Lainnya

Beluntas namanya, yakni merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut.

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Amirullah
Tribun Jabar
Sudah Tahu Tumbuhan Beluntas? Ternyata Berkhasiat Cegah Sakit Pinggang dan Manfaat Lainnya 

SERAMBINEWS.COM - Beluntas namanya, yakni merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut.

Beluntas umumnya ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas.

Beluntas sering dianggap sebagai tumbuhan liar, ternyata memiliki khasiat untuk obat sakit pinggang.

Mengutip dari Buku Pintar Hidup Sehat Alami yang disusun oleh Elizabeth Tara MD dan Eddy Soetrisno, diterbitkan oleh Kuda Pustaka dan Fokus Media di Jakarta, mengenai manfaat tumbuhan beluntas untuk mencegah sakit pinggang.

Baca juga: Gunakan Minyak Nonsubsidi, Nelayan Lhok Teunom Kesulitan dapat BBM dari SPBU

Memangnya enak sakit pinggang? Yang belum pernah merasakan mungkin sulit membayangkan betapa tak enaknya sakit pinggang.
Duduk tak enak, berdiri salah, bahkan ada yang sampai mengetik sambil jongkok supaya mendapatkan posisi enak di pinggang.

Pijatan tak selamanya mampu menyelesaikan urusan sakit pinggang ini.

Karena itu penyelesaian alternatif dengan daun beluntas perlu dicoba, sebelum Anda memeriksakan diri ke dokter jika ada kemungkinan sakit yang lebih parah.

Selama ini orang mengenal daun beluntas (Pluchea In- dica Lees) sekadar sebagai pagar hidup. Kalau pun ada manfaatnya, tanaman yang di toko jamu Cina dikenal dengan nama luanyi, itu hanya untuk menghilangkan bau badan dan membuat bau badan menjadi sedap jika dipakai lalap, dengan cara merebus atau mengukus daun pucuknya.

Padahal kegunaan beluntas bukan cuma itu daun beluntas berasa getir dan berbau langu itu, menurut Dr. Setiawan Dali marta, juga mampu meningkatkan nafsu makan (stomakik), membantu pencernaan, peluruh keringat (diaforetik), pereda demam atau pe nurun panas (antipiretik) dan penyegar.

Sedangkan akarnya bermanfaat sebagai penyejuk (demul cent) selain peluruh keringat.

Baca juga: Jepang Mulai Pamer Kekuatan Militer, Gelar Latihan Skala Nasional Setelah 30 Tahun

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved