Breaking News:

Berita Nagan Raya

BKSDA Evakuasi Dua Orangutan di Nagan Raya, Ditemukan Bekas Tembakan Senapan Angin

Setelah berhasil ditangkap selanjutnya dua ekor orang utan berkelamin betina dan jantan itu dibawa ke BKSDA Aceh di Jantho, Aceh Besar.

Penulis: Rizwan | Editor: Taufik Hidayat
Foto Kiriman Yulham
Tim mengevakuasi orangutan di Darul Makmur, Nagan Raya, Sabtu (25/9/2021). 

Laporan Rizwan | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dan Resor Aceh Barat melakukan evakuasi Orangutan sebanyak dua ekor dari perkebunan kelapa sawit di Desa Sumber Bakti, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Sabtu (25/9/2021). 

Evakuasi dilakukan guna menyelamatkan kepunahan hewan dilindungi tersebut.

Evakuasi dilakukan bersama tim YEL (Yayasan Ekosisten Lestari) dan SOCT. Dua ekor Orangutan dilakukan penangkapan oleh tim BKSDA dengan menembak bius. 

Setelah berhasil ditangkap selanjutnya dua ekor orang utan berkelamin betina dan jantan itu dibawa ke BKSDA Aceh di Jantho, Aceh Besar.

Tim BKSDA Aceh, Satirin kepada Serambinews.com, mengatakan, evakuasi dua ekor orang utan setelah mendapat laporan masyarakat bahwa berkeliaran di kawasan perkebunan sawit. 

Dua ekor orang utan juga kondisi besar yang usia diperkirakan 15-20 tahun. "Evakuasi guna menyelamatkan orang utan tersebut," katanya.

Baca juga: Survei Indikator, Vaksin Nusantara Lebih Populer & Dipercaya Masyarakat Ketimbang Vaksin Merah Putih

Baca juga: Walau Kalah dan Gelar Juaranya Direbut Usyk, Anthony Joshua Dapat Bayaran Senilai Rp 293 Miliar

Baca juga: Legasi Teungku di Yan, dari Tgk Muhammad Irsyad, Tgk Chik Umar Bin Auf, Hingga Abu Hasan Krueng Kale

Bila dibiarkan di lokasi itu, kata Satirin, maka akan ditembak dengan senapan angin oleh orang yang tidak bertangung jawab sehingga bisa mengancam kepunahan hewan yang dilindungi. 

"Dari pemeriksaan tim medis kita juga menemukan dua bekas tembakan senapan angin di kepala orang utan. Kami lihat itu sudah lama," katanya.

Satirin mengatakan, dua ekor orang utan dibawa ke Jantho guna dilakukan karantina serta akan kembali dilepasliarkan ke hutan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved