Breaking News:

Kesehatan

dr Zaidul Akbar Bagikan Cara Menghilangkan Alergi Akibat Dermatitis Atopik atau Eksim pada Bayi

Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar membagikan cara mengatasi rasa gatal akibat penyakit dermatitis atopik atau eksim atopik pada bayi

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Safriadi Syahbuddin
Instagram @monaratuliu
Bayi Mona Ratuliu pernah mengalami dermatitis atopik atau eksim atopik pada Agustus 2020 lalu. 

SERAMBINEWS.COM - Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar membagikan cara mengatasi rasa gatal akibat penyakit dermatitis atopik pada bayi.

Kata dr Zaidul Akbar, penyakit dermatitis atopik pada bayi bisa dihilangkan dengan melakukan perawatan menggunakan bahan-bahan alami.

Melansir dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia, dermatitis atopik atau eksim atopik adalah penyakit merupakan kelainan kulit tersering pada anak terutama pada bayi.

Bayi dan anak yang mengalami dermatitis atopik umumnya memiliki keluhan dan gejala kulit kering, kemerahan, bersisik, dan gatal pada satu atau beberapa tempat di wajah, leher, lipatan siku/lutut,  pergelangan kaki hilang timbul, dan berlangsung lama (kronik).

Dermatitis atopik telah menjadi masalah kesehatan yang penting terutama pada bayi dan anak saat ini karena menyebabkan kondisi yang tidak nyaman pada bayi dan anak akibat iritasi dan rasa gatal yang dominan di daerah kulit sehingga dapat mengganggu proses tumbuh kembang bayi dan anak.

Baca juga: Jangan Asal Poles, Bunda Ketahui Ini Bahaya Kosmetik pada Anak-Anak, Sebabkan Alergi hingga Kanker

Selain itu dermatitis atopik juga mengakibatkan tekanan atau beban pada keluarga, mempengaruhi pola makan dan tidur bayi, serta biaya kesehatan dan pengobatan.

Pada sebagian besar pasien, dermatitis atopik merupakan penyakit alergi awal terjadi sebelum asma dan rinitis alergi di kemudian hari.

Penyebab dermatitis atopi terjadi akibat interaksi multifaktorial, yaitu faktor genetik (keturunan), lingkungan, gangguan fungsi sawar (pelindung) kulit, faktor imunologik, dan infeksi.

Jika Ibu memiliki bayi yang mengalami dermatitis atopik, tak perlu khawatir.

dr Zaidul Akbar yang terkenal dengan pengobatan herbal ini membagikan cara mengatasi rasa gatal sekaligus menghilangkan penyakit dermatitis atopik pada bayi.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved