Breaking News:

Berita Langsa

Gegana Sat Brimob Polda Aceh Musnahkan Mortir Temuan di Langsa

Personil Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh, Selasa (5/0/2021) memusnahkan mortir berdaya ledak tinggi di area perkebunan PTPN I Kebun Baru

Penulis: Zubir | Editor: Muhammad Hadi
SERAMBINEWS.COM/ZUBIR
Personil Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh, Selasa (5/0/2021) memusnahkan mortir berdaya ledak tinggi di area perkebunan PTPN I Kebun Baru, Gampong Pondok Kelapa, Kecamatan Langsa Baro 

Laporan Zubir | Langsa 

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Personil Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh, Selasa (5/0/2021) memusnahkan mortir berdaya ledak tinggi di area perkebunan PTPN I Kebun Baru, Gampong Pondok Kelapa, Kecamatan Langsa Baro.

Pemusnahan mortir diduga sisa zaman Belanda ini dilakukan pada radius ratus meter dari jalan Lingkar PTPN I sekitar RS Regional Langsa, lokasi juga berada jauh dari pemukiman warga.

Proses pemusnahan atau pendisposalan mortir oleh tim khusus dari Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh dipimpin langsung Wadan Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh, Iptu M. Rizaldi.

Pendispolan dilakukan dengan teknik khusus peledakan yang menggunakan kabel detonator. Dikarenakan cesing mortir begitu tebal, pendispolan mortir harus dilakukan tiga kali. 

Baca juga: Pria Langsa Hampir Saja Celaka, Bawa Pulang Benda Berbahaya ke Rumah, Terkejut Begitu Lihat Google

Sementara lokasi pendisposalan mortir ini dijaga ketat personil Kompi 2 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Aceh (Kompi Aramiah) dan Polsek Langsa Barat Polres Langsa.

Sebelumnya mortir ini ditemukan oleh warga Gampong Serambi Indah, Kecamatan Langsa Baro, Novrizal (37) kesehariannya sebagai pekerja bangunan, Minggu (3/10/2021).

Benda berbahaya berdaya ledak tinggi itu ditemukan oleh Novrizal, saat ia dan keluarganya sedang bermain (mandi) di alur sungai daerah Alur Buaya, Gampong Suka Jadi Makmur, Kecamatan Langsa Baro.

Karena tidak paham itu bom berbahaya, warga yang menemukan mortir ini sempat membawa pulang mortir diduga sisa zaman Belanda ini ke rumah orang tuanya, di Gampong Lengkong. 

Aparat Polsek Langsa Barat yang mengetahui keberdaan mortir hari itu juga langsung mengamankan mortir itu ke areal perkebunan sawit PTPN I Kebun Baru atau jauh dari permukiman warga. 

Baca juga: Gubernur Aceh Teken MoU Pembinaan Ideologi Pancasila di Aceh

Kapolres Langsa, AKBP Agung Kanigoro Nusantoro, SH, SIK, MH, melalui Kapolsek Langsa Barat, Iptu Lilik Herwanto, SH, yang hadir ke lokasi pemusnahan, kepada Serambinews.com, menyebutkan, proses pemusnahan mortir ini langaung dilakukan Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh.

Menurut Iptu Lilik, pemusnahan mortir dilakukan oleh personil Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh telah tuntas dilakukan tanpa ada kendala apapun, di area steril kebun sawit PTPN I, Gampong Pondok Kelapa.

Sementara pihaknya dari Polres Langsa termasuk personil Kompi 2 Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Aceh -Kompi Aramiah ikut melakukan pengamanan lokasi pemusnahan. 

"Pendisposalan mortir sudah selesai dilakukan oleh personil Subden 1 Den Gegana Sat Brimob Polda Aceh yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB dan selesai pukul 11.00 WIB," tutup Kapolsek Langsa Barat. (*)

Baca juga: 15 Pesepakbola Muda Aceh Ditetapkan Sebagai Pemain EPA Persiraja, Ini Nama dan Asal Mereka

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved