Breaking News:

Berita Nasional

Pemerintah Evaluasi PPKM Setiap Pekan, Kasus Covid-19 Terus Menurun

Dari hasil evaluasi minggu ini, diputuskan penerapan PPKM dilanjutkan pada periode tanggal 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Saifullah
FOR SERAMBINEWS.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto 

Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Tren kasus Covid-19 terus menunjukkan penurunan yang signifikan. Namun masyarakat juga diharapkan tak lengah, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada wilayah Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali dilakukan evaluasi setiap minggunya, dan dilakukan penetapan untuk melanjutkan penerapannya setiap 2 minggu.

Dari hasil evaluasi minggu ini, diputuskan penerapan PPKM dilanjutkan pada periode tanggal 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia sudah sangat baik. Pada tingkat nasional, angka capaian pengendalian kasus di Indonesia sangat baik.

Hal ini terlihat dari indikator laju penyebaran kasus (Reproduction Number/Rt) yang ada di bawah 1 (per 30 September 2021 sebesar 0,63), jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain (Singapura = 1,54; Inggris = 1.05; Filipina = 1,01).

Selain itu, kasus konfirmasi harian per 1 juta penduduk di Indonesia sangat rendah yaitu sebesar 6,52 kasus per 1 juta penduduk, jauh lebih rendah dibandingkan negara lain (Inggris = 505,3 kasus; Malaysia = 376,3 kasus; Singapura = 361,4 kasus).

Baca juga: Aceh Peroleh Penghargaan dari Kemendagri 100 Persen Bentuk Posko PPKM di Desa

Gambaran situasi jumlah kasus per pulau (kelompok provinsi) juga memperlihatkan penurunan Kasus aktif yang cukup signifikan.

Dari 27 provinsi di Luar Jawa Bali, per 3 Oktober 2021, tidak ada provinsi yang masuk Level 4, terdapat 4 provinsi di Level 3, dan 22 provinsi di Level 2, serta 1 provinsi di Level 1 (Kepulauan Riau).

Asesmen situasi pandemi di luar Jawa-Bali ini menunjukkan terjadi perbaikan yang signifikan dari minggu ke minggu.

“Terjadi perbaikan/penurunan level yang cukup signifikan. Untuk tingkat provinsi, Kalimantan Timur telah turun ke Level 2 dan Kepulauan Riau turun dari Level 2 ke Level 1,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam konferensi PPKM secara virtual, Senin (4/10/2021).

Untuk perkembangan level asesmen mingguan di tingkat kab/kota di Luar Jawa Bali, data memperlihatkan terjadi perbaikan yang terus berlanjut.

Di mana jumlah kab/kota Level 4 dan 3 terus mengalami penurunan.

Baca juga: Jumlah Posko PPKM Mikro di Desa Terus Bertambah, Kemendagri Lakukan Penguatan Peranan Posko

Sedangkan jumlah kab/kota Level 2 dan 1 terus mengalami peningkatan (Level 1 dari 34 menjadi 44; Level 2 dari 275 menjadi 292).

Sesuai dengan arahan Wakil Presiden yang memimpin Rapat Terbatas Evaluasi PPKM pada 4 Oktober 2021, walaupun kasus Covid-19 sudah relatif terkendali, namun penurunan Level PPKM harus dilakukan secara bertahap dan terukur, berdasarkan pada dinamika perkembangan kasus Covid-19 di lapangan.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved