Breaking News:

Berita Abdya

Akmal Ibrahim: 90 Persen BUMG di Abdya Hanya Habiskan Anggaran

BupatiAbdya, Akmal Ibrahim, SH menilai, hampir 90 persen Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di kabupaten itu hanya menghabiskan anggaran saja.

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Saifullah
Serambi Indonesia
Bupati Abdya, Akmal Ibrahim SH saat membuka kegiatan peluang usaha dan investasi BUMG, Kamis (7/10/2021), di gedung DPRK setempat. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya 

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, SH menilai, hampir 90 persen Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) di kabupaten itu hanya menghabiskan anggaran desa saja.

“Iya, BUMG kita dominan atau hampir 90 persen hanya menghabiskan uang. Bahkan banyak dari BUMG itu tidak tahu harus bergerak di bidang usaha apa,” ujar Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, SH saat membuka kegiatan peluang usaha dan investasi BUMG, Kamis (7/10/2021), di gedung DPRK setempat. 

Akmal menjelaskan, sejauh ini BUMG dalam setiap tahun selalu mendapatkan suntikan anggaran dari desa.

Namun dalam pengelolaannya banyak menuai masalah, sehingga peran BUMG dalam menciptakan kemadirian desa, menciptakan keuntungan, serta menampung tenaga kerja, menjadi tidak ada.

“Semua desa di Abdya memiliki BUMG. Jika BUMG itu dikelola dengan benar, akan sangat besar manfaatnya untuk masyarakat, salah satunya dapat mensejahterakan masyarakat di desa itu sendiri, dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan,” sebutnya. 

Dengan adanya Undang-undang Desa, ulas Bupati, aparatur bisa memberikan keleluasaan bagi pemerintah desa untuk mengelola pemerintahannya sendiri.

Baca juga: DPMG Aceh Tinjau BUMG Kota Bahagia, Kolam Pemandian Desa Ini Berpenghasilan Capai Rp 12 Juta/Hari

Salah satunya,dengan berdirinya BUMG yang dapat mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan potensi desa. 

“Dalam pengelolaan BUMG yang baik, modal atau aset harus bisa dijadikan acuan guna mendapatkan keuntungan atau benefit,” paparnya.

Untuk itu, Akmal berharap seluruh gampong di Abdya dapat mengaktifkan kembali BUMG dengan pengelolaan yang baik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved