Breaking News:

Pidie dan Pijay Akan Jadi Kawasan Agro Industri Bawang Merah

Dua kabupaten penghasil bawang merah di Aceh akan dijadikan Kawasan Berikat Agro Industri Bawang Merah

Editor: bakri
Serambinews.com
Bawang merah hasil panen petani 

BANDA ACEH - Dua kabupaten penghasil bawang merah di Aceh akan dijadikan Kawasan Berikat Agro Industri Bawang Merah. Lantas apa keuntungannya bagi petani bawang merah, terutama di Pidie dan Pidie Jaya dengan ditetapkannya dua daerah itu sebagai Kawasan Berikat Agro Industri Bawang Merah?

Ternyata antara lain di kawasan itu bisa dibangun industri pengolahan bawang merah dengan berbagai produk turunannya yang bisa diekspor.

Kemudian Kanwil Direktorat Bea Cukai Aceh akan membantu kelompok tani bawang merah untuk mencarikan pasar ekspor produk bawang merahnya, jika pasar lokal sudah jenuh.

Dengan demikian harga tidak jatuh dan petani tetap diuntungkan. Misalnya ekspor ke Arab Saudi, Dubai, Eropa, dan lainnya.

Komoditi bawang merah yang diekspor mulai dari produk bawang merah segar yang baru di panen, sampai turunan produk lainnya, seperti bawang goreng, bawang acar dan lainnya dalam satu kemasan berstandar internasional.

Untuk pembuatan model kemasan komoditi agro industri produk bawang merah asal Pidie dan Pijay yang mau diekspor, akan dibantu petugas Bea Cukai Aceh, bentuk kemasannya.

Selama ini, produk hasil agro industry di sangat banyak, tapi juga banyak yang belum bisa menembus pasar Eropa, Amerika, Arab Saudi dan Dubai.

Ternyata hal ini disebabkan di kemasan komoditas agro industri yang mau diekspor itu tidak dibuatkan atau ditulis komposisi unsur yang terkandung dalam komoditas dimaksud.

Oleh karena itu, mulai tahun 2021 ini, Kanwil Direktorat Bea Cukai Aceh sudah membuat pogram jemput komoditas pertanian yang bisa diekspor.

Program itu diberi nama “Semua Bisa Ekspor. Hal itu semua disampaikan Kakanwil Direktorat Bea dan Cukai Aceh, Dr Safuadi, kepada Serambi, seusai dirinya bersama enam staf melakukan promosi komoditi ekspor hingga ke pelosok desa.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved