Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Peresmian SKPP Menengah, Nyak Arief : Adil Adalah Ruh Demokrasi

Prestasi ini saya harap menjadi pemantik bagi peserta untuk belajar mengenai pengawasan partisipatif.” Ujar Nyak Arief

Editor: IKL
For Serambinews.com
Peresmian SKPP Menengah, Nyak Arief : Adil Adalah Ruh Demokrasi 

Peresmian SKPP Menengah, Nyak Arief : Adil Adalah Ruh Demokrasi

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON– Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Menengah di titik Kabupaten Aceh Tengah yang diselenggarakan oleh Panwaslih Provinsi Aceh resmi dibuka.
Kegiatan ini berlangsung dari 22 hingga 26 Oktober 2021, yang pelaksanaannya berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Yudi Ferdiansyah, Kabag Pengawasan Pemilu dan Humas Panwaslih Provinsi Aceh selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa peserta SKPP Tingkat Menengah ini berjumlah 50 orang yang merupakan alumni dari SKPP Tingkat Dasar, yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Peserta SKPP Menengah tersebut berjumlah 50 orang yang berasal dari sembilan kabupaten/kota yaitu Kabupaten Gayo Lues, Bener Meriah, Aceh Tamiang, Aceh Timur, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Utara dan Kota Banda Aceh serta Kota Langsa.

Baca juga: Setahun Hilang Diculik Pengusaha, Wanita Muda Ini Ditemukan Sudah Lahirkan Bayi

Baca juga: Serap Aspirasi Masyarakat, Fraksi PA DPRK Aceh Besar Bahas Evaluasi Status Kawasan HTI PT ANI

Untuk diketahui, seluruh narasumber, panitia, dan peserta serta para pihak yang terlibat dalam kegiatan ini telah dilakukan Swab Antigen dengan hasil seluruhnya negatif Covid-19, namun begitu, saya selaku ketua panitia, tetap menghimbau kepada seluruh pihak untuk tetap menjaga protokol kesehatan”. tambah Yudi.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran teori, dan praktek yang senantiasa direviu oleh para fasilitator, sedangkan untuk narasumber berasal dari internal Panwaslih Provinsi Aceh, dan yang berasal dari eksternal, yang merupakan akademisi Universitas Malikussaleh, dan Komisioner Komisi Informasi Aceh”. Tutup Yudi.

Dalam kesempatan yang sama, Nyak Arief Fadhillah Syah, Koordinator Divisi Hukum, Humas, dan Data Informasi Panwaslih Provinsi Aceh menyampaikan terimakasihnya kepada panitia yang sudah berjibaku agar kegiatan ini berjalan lancar, kemudian dirinya juga menyampaikan salam takzim dari Ketua, dan Anggota Panwaslih Provinsi Aceh yang berhalangan hadir karena harus menjalankan tugas pokok, dan fungsi lainnya.

Baca juga: Sekda Aceh Pantau Pelayanan Kesehatan RSUDZA di Hari Libur

“Dalam sambutan ini saya ingin menyampaikan bahwa Bawaslu terpilih sebagai President Global Network on Electoral Justice (GNEJ) periode 2022-2023, GNEJ merupakan organisasi internasional yang mewadahi lembaga Peradilan Pemilu di 187 negara.

Prestasi ini saya harap menjadi pemantik bagi peserta untuk belajar mengenai pengawasan partisipatif.” Ujar Nyak Arief.

“Berbicara mengenai pengawasan partisipatif, SKPP Menengah ini berupaya menjadikan pengawasan jalannya demokrasi berada ditangan masyarakat, sehingga Bawaslu memandang perlu untuk melatih para anak muda agar masyarakat mengerti bagaimana caranya untuk dapat terlibat aktif dalam menentukan arah jalannya demokrasi”. Jelas Nyak Arief.

Pada akhir sambutannya, Nyak Arief menekankan betapa pentingnya asas adil sebagai ruh demokrasi. “keadilan dalam penyelenggaraan demokrasi tidak hanya merupakan amanat undang-undang, melainkan juga perintah dari agama sebagaimana ayat al-Qur’an yang dibacakan oleh qari tadi, yang pada intinya, memerintahkan kita untuk berlaku adil”. Tutup Nyak Arief.

Sebagai informasi, peresmian kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua, dan Anggota Panwaslih Kabupaten Aceh Tengah, Sertalia, S. Pd selaku Ketua KIP Kabupaten Aceh Tengah, Anhar, S. IP selaku Kabid PIAK, dan Pemanfaatan Data yang mewakili Kepala Dinas Dukcakpil Kabupaten Aceh Telah, dan Drs. Ramli selaku Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekososbud, dan Agama yang mewakili Kepala Dinas Kesbangpol Kabupaten Aceh Tengah. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved