Breaking News:

Konflik Lahan

Minimalisir Konflik Lahan, Aceh Tamiang Segera Terbitkan SHM Kebun Sawit

Kadis Pertanian, Pekerbunan dan Peternakan (Distanbunak) Aceh Tamiang, Yunus menjelaskan 5 ribu persil lahan ini terhampar di seluruh kecamatan yang m

Penulis: Rahmad Wiguna | Editor: Ansari Hasyim
FOR SERAMBINEWS.COM
Sejumlah orang terlihat beraktivitas di atas lahan perkembangan Tenggulun, Aceh Tamiang, beberapa waktu lalu. Kemunculan para penggarap berpotensi memunculkan konflik antar-masyarakat 

Laporan Rahmad Wiguna I Aceh Tamiang

SERAMBINEWS.COM, KUALASIMPANG - Lima ribu persil kebun kelapa sawit di Aceh Tamiang akan segera memiliki sertifikat hak milik (SHM).

Selain untuk menghindari konflik lahan, sertifikat ini akan membantu pekebun mengelola lahan secara berkelanjutan (sustainable).

Kadis Pertanian, Pekerbunan dan Peternakan (Distanbunak) Aceh Tamiang, Yunus menjelaskan 5 ribu persil lahan ini terhampar di seluruh kecamatan yang memiliki areal perkebunan di Aceh Tamiang.

Artinya, dari 12 kecamatan yang ada, hanya Kota Kualasimpang yang tidak masuk dalam program ini.

Dia mengatakan penertiban SHM ini berkaitan dengan program Pemkab Aceh Tamiang yang ingin mewujudkan pengelolaan kebun kelapa sawit sustainable.

Baca juga: Final Denmark Open 2021 - Tak Ada Wakil Indonesia, Jepang Paling Banyak

“Tujuannya ke sana (sustainable), pekebun yang sudah bersertifikat akan masuk dalam program VSA (verified sourcing area) yang lahannya akan diberi STDB Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Budidaya),” ungkap Yunus, Minggu (24/10/2021).

Diakuinya pola penerbitan SHM ini terbantukan dengan program peremajaan sawit rakyat (PSR) yang saat ini sedang berlangsung di Aceh Tamiang.

Diketahui, salah satu syarat lahan penerima manfaat PSR harus berada di luar hutan.

“PSR mengharuskan peta poligon. Dari sini langsung diketahui lahan tersebut berada di areal hutan atau bukan,” sambungnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved