Breaking News:

Berita Aceh Jaya

Siswa Sudah Vaksin dan belum Jalani Vaksinasi Akan Dipisah, Begini Rencana Pemkab Aceh Jaya

"Ia benar, rencananya sistem pembelajaran penugasan akan diberlakukan untuk sekolah di Kabupaten Aceh Jaya," ungkapnya.

Penulis: Riski Bintang | Editor: Saifullah
SERAMBINEWS.COM/RISKI BINTANG
Abdul Jabar, Kadis Pendidikan Aceh Jaya. 

Laporan Riski Bintang | Aceh Jaya

SERAMBINEWS.COM, CALANG - Instansi pendidikan di Kabupaten Aceh Jaya akan memberlakukan sistem belajar penugasan, sebagai salah satu langkah mengenjot vaksinasi di kalangan pelajar.

Sistem pembelajaran penugasan itu merupakan sistem belajar selain daring, di mana dalam sistem penugasan siswa yang sudah menjalani vaksinasi akan belajar di ruang terpisah dengan siswa yang belum melakukan vaksinasi.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Abdul Jabar yang dihubungi Serambinews.com membenarkan jika Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui sejumlah instansi pendidikan akan memberlakukan sistem pembelajaran penugasan.

"Ia benar, rencananya sistem pembelajaran penugasan akan diberlakukan untuk sekolah di Kabupaten Aceh Jaya," ungkapnya.

Pemberlakuan sistem pembelajaran penugasan itu sendiri dilakukan sebagai langkah dalam menghindari adanya proses belajar mengajar secara daring bagi siswa yang sudah mendekati ujian tersebut.

Menurutnya, penerapan itu dilakukan setelah beberapa stakeholder dan Forkopimda Aceh Jaya duduk bersama membahas masalah vaksinisasi dan juga penerapan.

Baca juga: VIDEO Siswa yang Menolak di Vaksin Tak Dibolehkan Tatap Muka, Harus Belajar Daring

"Kemarin pas rapat kordinasi, siswa yang belum vaksin diwajibkan daring, jadi kami memberikan opsi lain yaitu penugasan agar siswa dapat mengikuti pembelajaran secara tatap muka, hanya saja ruangannya nanti dipisah," ungkapnya.

Pemberlakuan sistem pembelajaran itu sendiri baru dilakukan setelah Dinas Pendidikan duduk bersama dengan kepala sekolah dan juga melihat kemampuan ruangan sekolah yang bersangkutan.

Abdul Jabar menyebutkan, jika hingga saat ini sendiri ada beberapa sekolah yang tidak mampu melaksanakan sistem pembelajaran penugasan lantaran kekurangan ruangan.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Aceh Jaya, Samsul Bahri menyebutkan, jika pemberlakuan sistem pembelajaran penugasan itu hanya ada diterapkan pada sekolah tingkat menengah (MTs) dan sekolah tingkat atas (MA).

"Besok kita akan duduk bersama kepala sekolah, dan kita target dalam Minggu ini bisa berjalan sistem  pembelajaran itu," tandasnya.

"Untuk jajaran sekolah di Kemenag seluruh sekolah memiliki ruangan yang cukup jika sistem ini diterapkan," tambahnya.

Baca juga: Begini Pengakuan Siswa Kepada Kadisdik Aceh Soal Belajar Daring, tak Sabaran Masuk Sekolah Kembali 

Berbeda dengan Kemenag dan Dinas Pendidikan Aceh Jaya, Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Aceh masih akan memberlakukan pembelajaran daring bagi siswa dan siswi yang belum melakukan vaksinasi.

"Kita tidak memberlakukan sistem pembelajaran penugasan, dan masih daring bagi siswa yang belum di vaksin," tutupnya.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved