Breaking News:

Hari Listrik Nasional

18 Ribu Keluarga Prasejahtera Kini Sudah Tersambung Listrik

Donasi yang terkumpul dari kedua program ini sebanyak Rp 14 miliar. Dana ini akan disalurkan untuk melistriki 18.776 keluarga pra-sejahtera.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Taufik Hidayat
Dok PLN
PLN menyalurkan donasi Rp 14 miliar untuk memberikan bantuan biaya sambungan listrik bagi keluarga pra-sejahtera. Sebagian besar berasal dari donasi PLN Mobile VCRR 

Laporan Muhammad Nasir | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Gelaran PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 sebagai bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76 resmi ditutup pada 8 November 2021. Hingga hari ke-23, jumlah donasi yang sudah terkumpul dari gelaran VCRR ini sebesar Rp 8,08 miliar.

Donasi tersebut berasal dari ratusan ribu kilometer yang dikumpulkan lebih dari 11 ribu peserta PLN Mobile VCRR yang berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia. Perolehan dana dari ajang olahraga sambil beramal ini secara bertahap disalurkan untuk menyambungkan listrik ke keluarga pra-sejahtera.

"Terima kasih kepada lebih dari 11 ribu peserta yang mengikuti PLN Mobile VCRR 2021. Langkah dan kayuhan kaki Anda sangat berarti bagi saudara-saudara kita di seluruh pelosok negeri," ungkap Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Agung Murdifi.

Tak hanya dari program PLN Mobile VCRR, dalam rangkaian peringatan HLN ke-76 ini, PLN Peduli juga turut mendonasikan dana untuk menyambungkan listrik ke keluarga pra-sejahtera di penjuru negeri. Jika diakumulasikan, total donasi yang terkumpul dari kedua program ini sebanyak Rp 14 miliar.  Dana ini akan disalurkan untuk melistriki 18.776 keluarga pra-sejahtera.

"Kami berharap listrik bisa mempermudah aktivitas saudara-saudara kita, sehingga produktivitas dan kesejahteraan mereka kian meningkat," ungkap dia.

Adapun bantuan biaya penyambungan listrik dari program PLN Mobile VCRR 2021 dan PLN Peduli disebar ke beberapa daerah di Indonesia antara lain yaitu Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, Aceh, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, NTB, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu.

Baca juga: Tangis Haru Ricis jadi Istri Teuku Ryan, Gubernur Aceh Turut Hadir

Baca juga: UEA Tetap Akan Investasi di Singkil

Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto menyatakan sangat mengapresiasi program PLN Mobile VCRR 2021. Sebab program ini tak hanya mengajak masyarakat berolahraga tapi juga ikut berdonasi membantu masyarakat yang kurang mampu.

PLN Mobile VCRR 2021 merupakan wadah untuk masyarakat berbagi kebaikan lewat ajang lari dan bersepeda yang bisa dilakukan di mana saja, sejak 16 Oktober hingga 7 November 2021. Dengan mengangkat tema “Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku”, kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Listrik Nasional ke-76.

Setiap kilometer yang ditempuh oleh pelari dan pesepeda nantinya akan dikonversikan dalam bentuk rupiah, yang digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat tidak mampu. Setiap kilometer lari akan dikonversikan ke dalam rupiah yaitu sebesar Rp 40.000 dan sepeda sebesar Rp 36.000.

Pemilihan penerima bantuan dilakukan langsung oleh PLN dengan memastikan penerima bantuan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sebagai informasi, biaya penyambungan listrik satu rumah termasuk dengan instalasi listrik dalam rumah, pemeriksaan instalasi dan sertifikat laik operasi yang ditetapkan pemerintah, token dan materai sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved