Breaking News:

Berita Bireuen

Sudah Dua Kali Sumur Minyak Tradisional Terbakar di Alue Punoe

Tambang minyak yang sudah beroperasi di kawasan tersebut dikelola secara tradisional oleh masyarakat dan melibatkan belasan tenaga kerja.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Serambinews.com
Salah satu sumur minyak mentah tradisional di Desa Alue Punoe, Peusangan, Bireuen terbakar sekitar pukul 06.30 WIB, Senin (15/11/2021) 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN – Musibah terbakarnya Sumur Minyak mentah yang dikelola secara tradisional di Desa Alue Punoe, Peusangan Bireuen terjadi sekitar pukul 06.30 WIB, Senin (15/11/2021) adalah yang kedua kalinya.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda sumur salah satu minyak tradisional di desa tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIB, Kamis (03/03/2016)  lalu. Waktu itu, api berhasil dipadamkan beberapa jam kemudian dan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

“Dulunya.sudah pernah terjadi hal serupa, lokasinya berbeda juga agak jauh dari.rumah warga,” kata seorang warga setempat kepada Serambinews.com, Senin (15/11/2021). 

Tambang minyak yang sudah beroperasi di kawasan tersebut dikelola secara tradisional oleh masyarakat dan melibatkan belasan tenaga kerja.

Musibah pada Senin (15/11/2021) salah satu sumur terbakar serta tempat penyimpanan minyak.

Keuchik Alue Punoe, Zulfa Amiruddin kepada Serambinews.com mengatakan, ianya tidak mengetahui pasti sumber api dan ia mendapatkan informasi dari warga lainnya.

Baca juga: Dapur Penyulingan Minyak Mentah Tradisional di Bireuen Terbakar

Baca juga: Polsek Peusangan Selidiki Penyebab Kebakaran Dapur Penyulingan Minyak di Alue Punoe

Salah satu sumur minyak terbakar dan warga segera mengantisipasinya. Hasil penyelidikan sementara tim Polsek Peusangan dengan Polres Bireuen yang turun ke lokasi, kebakaran salah satu sumur minyak dan tempat penyimpanan minyak tersebut diduga karena awalnya meledaknya mesin pompa minyak yang berada di dekat dapur penyimpanan minyak.

Setelah pompa minyak meledak, kemudian apinya menjalar ke tumpukan drum minyak sehingga terbakarnya tumpukan drum minyak tersebut.

Kapolres Bireuen, AKBP Mike Hardy Wirapraja SIK MH melalui Kapolsek Peusangan, Ipda Nasruddin S Sos kepada Serambinews.com mengatakan, hasil penyelidikan sementara sumber api dari meledaknya salah satu pompa minyak di salah satu sumur, kemudian api merembes dan merambat ke drum –drum minyak.

“Musibah tersebut tidak menelan korban jiwa, lokasi jauh dari rumah warga dan juga warga cepat mengantisipasi,” ujarnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved