Breaking News:

Berita Banda Aceh

Tim Basarnas Evakuasi Medis Kru Kapal Investos X Warga Asal Filipina dari Perairan Meulingge

Kru Kapal Investos X berbendera Liberia yang mengeluhkan pusing, muntah dengan tekanan darah 166/119, sehingga diperlukan evakuasi medis segera.

Penulis: Misran Asri | Editor: Ibrahim Aji
FOR SERAMBINEWS.COM
Tim Basarnas Banda Aceh persiapan melakukan Medevac terhadap crew Kapal Ivestos X di Perairan Desa Meulingge, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar, Selasa (16/11/2021). 

Kru Kapal Investos X berbendera Liberia yang mengeluhkan pusing, muntah dengan tekanan darah 166/119, sehingga diperlukan evakuasi medis segera.

Laporan Misran Asri | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Tim Badan SAR Nasional (Basarnas) Banda Aceh, melakukan medical evacuation (evakuasi medis) terhadap Warga Negara Filipina, Joseph Rey G Boston, Selasa (16/11/2021).

Joseph merupakan kru Kapal Investos X berbendera Liberia yang mengeluhkan pusing, muntah dengan tekanan darah 166/119, sehingga diperlukan evakuasi medis segera.

Kepala Kantor SAR (KKS) Banda Aceh, Budiono SE MM menyebutkan, bersama Tim Basarnas Banda Aceh, proses evakuasi medis tersebut ikut melibatkan pihak Agen Pelni, KKP, Imigrasi, KSOP Malahayati, dan Bea Cukai.

Di samping itu juga tergabung Polsek Ulee Lheue dan relawan RAPI.

Menurut Budiono, proses medical evacuation (Medevac) itu dilakukan di Perairan Desa Meulingge, Kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Baca juga: Selebgram Live Adegan Ranjang Bersama Pacar, Video Aksi Es Batunya Viral, Pemeran Pria Ditangkap

Baca juga: Kluet Timur Gelar Sosialisasi Penggunaan Dana Desa dan BUMG ke Aparatur Gampong

Sebelumnya, lanjut KKS Banda Aceh ini, Senin malam, 15 November 2021, sekitar pukul 22.50 WIB, begitu mendapat informasi ada kru Kapal Investos X yang mengalami sakit dan memerlukan proses medevac, Basarnas Banda Aceh berkoordinasi dengan owner kapal untuk menentukan titik evakuasi.

Setelah ditentukan lokasi untuk medevac, diperkirakan kapal tersebut tiba di lokasi sekitar pukul 10.10 WIB dan selanjutnya Basarnas Banda Aceh berkoordinasi dengan para pihak yang tergabung dalam operasi SAR itu untuk pelaksanaan medevac.

"Pukul 09.53 WIB KN SAR Kresna 232 berangkat menuju ke titik Medevac. Pukul 11.00 WIB KN SAR Kresna tiba di titik medevac dan sandar lambung kanan dengan MV Ivestos X untuk melakukan evakuasi terhadap korban," terang Budiono.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Panggil Presiden AS Joe Biden Teman Lama Yang Dibantahnya

Baca juga: Afrika Selatan Protes, Minta Pertandingan Ulang Melawan Ghana, Penalti Dinilai Kontroversial

Selanjutnya pukul 12.00 WIB korban dievakuasi menggunakan Crane ke KN SAR Kresna 232 dari Kapal MV Ivestos X dengan kondisi selamat dan selanjutnya dibawa menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh.

Kemudian sekitar pukul 12.30 WIB, crew Investos X tiba di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh dan sebelum dibawa ke RSUZA korban di tes Swab Antigen hasilnya negatif.

"Pukul 13.00 WIB Korban dibawa menuju ke RSU Zainoel Abidin Banda Aceh menggunakan ambulance Kantor Kesehatan Pelabuhan Aceh guna mendapatkan penanganan medis," pungkas KKS Banda Aceh, Budiono.(*)

Baca juga: VIDEO Empat Gajah Jinak di CRU Alue Kuyun Aceh Barat Diperiksa oleh Tim Pusat Kajian Satwa Liar USK

Baca juga: Disukai Masyarakat Indonesia, Masakan Lezat ini Justru Pantang Dikonsumsi Keluarga Kerajaan Inggris

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved