Breaking News:

Berita Pidie

Ribuan Warga Pidie Terima Zakat dan Infak

Total penyaluran zakat dan infak yang dilakukan Baitul Mal Pidie ini mencapai Rp 5,1 miliar lebih.

Penulis: Muhammad Nazar | Editor: Taufik Hidayat
Foto kiriman warga
Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud menyerahkan secara simbolis zakat dan infaq kepada warga di Oprom Bupati Pidie, Jumat (19/11/2021) 

Laporan Muhammad Nazar | Pidie

SERAMBINEWS.COM, SIGLI - Sebanyak 3.957 warga Pidie menerima zakat dan infak dari Baitul Mal Pidie.

Zakat dan infak itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati (Wabup) Pidie, Fadhlullah TM Daud ST, di oprom bupati setempat, Jumat (19/11/2021).

Data dikirim Humas Protokoler Setdakap Pidie total penyaluran zakat dan infak dilakukan Baitul Mal Pidie Rp 5,1 miliar lebih.

Rincian jumlah penerima zakat 75 orang, infak untuk 882 RBT 882, infak untuk 1.000 fakir miskin, infaq 1.000 anak yatim, infak 500 fakir uzur dan infak untuk 500 warga yang cacat permanen.

Sementara pengembalian dana zakat guru SMK/SMA berjumlah 1.037 orang. Penyaluran dilakukan di bulan Ramadhan oleh Baitul Mal Aceh. Jumlah penerima 744 orang dan 1.781 orang.

"Harus berinovatif  dalam hal pendistribusian dana zakat dan infaq," kata Wabup Pidie, Fadhlullah TM Daud, di Oprom Bupati Pidie, Jumat (19/11/2021

Dikatakan, berinovasi terhadap dalam penyaluran, Baitul Mal juga harus berinovasi dalam hal manajemen. Seperti pemanfaatan teknologi aplikasi untuk penginputan zakat dan sebagainya. Sehingga mampu mendapatkan kepercayaan publik.

Baca juga: Lima Pakar Bahas Ceruk Mendale dalam Even Desember Kopi Gayo 2021, Live di Jaringan Serambinews.com

Baca juga: Harga Telur Ayam Ras di Pasar Lambaro Turun, Minyak Goreng Naik, Lengkap Harga Kebutuhan Lainnya

Baca juga: DPRK Laporkan PT PBM Ke Polisi, Terkait Izin Pengangkutan Batubara

Menurutnya, dengan memperoleh kepercayaan dari masyarakat, Baitul Mal akan menciptakan citra yang baik sehingga masyarakat bersedia menyalurkan zakat maupun infaq lewat Baitul Mal Pidie.

Ia menambahkan, dana zakat dan infaq yang diterima warga, hendaknya dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin sehingga dapat mengurangi permasalahan ekonomi dalam keluarga.

"Sejatinya keberadaan Baitul Mal dapat melawan kehadiran rentenir di tengah-tengah masyarakat di Pidie. Sebab, saat ini rentenir masih.bebas beraktifitas di bumi Serambi Mekkah, terutama di Pidie," pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved