Breaking News:

Jalan Berlubang

Meski Sudah Berulang Kali Diperbaiki, Jalan Cot Mane-Blangpidie Kembali Berlubang

Kerusakan badan jalan di sejumlah titik itu mengakibatkan kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan. Bahkan ada yang meninggal....

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Eddy Fitriadi
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
Pengendara jalan melintasi jalan Guhang-Cot Mane menuju kota Blangpidie yang berlubang, Selasa (23/11/2021). 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Jalan lintas Cot Mane menuju Kota Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) kembali berlubang.

Kerusakan jalan alternatif menuju kota Blangpidie itu, bukanlah pertama kali terjadi. Bahkan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat sudah berulang kali memperbaiki jalan tersebut.

Kerusakan badan jalan di sejumlah titik itu mengakibatkan kawasan tersebut rawan terjadi kecelakaan. Bahkan ada yang meninggal dunia seusai terpental dari kendaraannya. 

Anggota DPRK Abdya, Julinardi meminta agar Dinas PU Aceh segera membangun baru jalan lintas menuju kota Blangpidie tersebut.

“Karena ini jalan provinsi, maka sudah selayaknya jalan ini diperbaiki sebelum ada korban jiwa,” ujar Anggota DPRK Abdya, Julinardi.

Ia menyebutkan kerusakan yang membentuk lubang di sejumlah titik, sangat dikeluhkan para pengguna jalan, terutama pengendara roda dua.

Kendaraan roda empat saja sering mengalami bocor dan pecah ban saat terperosok ke lubang  jalan tersebut. 

“Jalan ini dibangun 12 tahun silam menggunakan dana BRR, kalau kita hitung jumlah korban sudah banyak sekali, meskipun sudah berulang kali diperbaiki,” ungkapnya. 

Menurutnya, solusi untuk jalan Cot Mane-Guhang itu harus dilakukan pembangunan baru, dan tak tidak cukup tambal sulam.

“Bagi masyarakat dari Cot Mane ke Kota Blangpidie, harus ektra hati-hati, karena kerusakan paling parah itu terjadi di sisi jalan Cot Mane menuju kota Blangpidie,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, para pengendara sepeda motor dan mobil dari arah Meulaboh, Aceh Barat/Nagan Raya menuju Blangpidie, ibu kota Kabupaten Abdya dan Aceh Selatan tidak lagi melintasi Jalan Nasional kawasan Kecamatan Susoh.

Melainkan menempuh jalur alternatif dengan jarak tempuh sangat singkat, yaitu dari Simpang Cot Mane, Kecamatan Jeumpa menuju Guhang menuju Kota Blangpidie, jaraknya hanya sekitar 4 km.

Jika melewati Jalan Nasional kawasan Susoh menuju Blangpidie jarak tempuh mencapai belasan kilometer.

Informasi yang diperoleh, dari Kepala DPUPR Abdya, Alfian Liswandar ST, berdasarkan penyampaian Kepala Bappeda Aceh, jalan lintas Blangpidie-Cot Manee tersebut telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Aceh (RKPA) tahun 2022 dengan panjang 3,34 kilometer.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved