Breaking News:

Kesehatan

dr Zaidul Akbar Sarankan Stop Konsumsi Makanan Ini Agar Nyeri Sendi dan Pegal-pegal Bisa Hilang

dr Zaidul Akbar menyarankan agar menerapkan gaya hidup sehat dibanding bergantung pada obat pereda nyeri ketika mengalami nyeri & pegal-pegal di badan

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Tangkapan Layar Kanal YouTube Zaidul Akbar Official
dr Zaidul Akbar menjelaskan tentang manfaat mengonsumsi jamur-jamuran untuk kesehatan tubuh, termasuk bisa mencegah kanker. 

SERAMBINEWS.COM - Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat dibanding bergantung pada obat pereda nyeri ketika mengalami nyeri dan pegal-pegal di badan.

Pencetus kampanye Jurus Sehat Rasulullah (JSR) ini menjelaskan, nyeri sendi dan pegal di badan terjadi karena aliran darah yang mengandung oksigen dari saraf otak ke seluruh tubuh terhambat dan tidak lancar.

Dokter Zaidul Akbar mengatakan, ketika nyeri dan pegal-pegal terasa kuat, maka sebaiknya memperbaiki pencernaan termasuk isi dalam perut yakni dengan cara mengatur pola makan dan menghindari makanan berkarbohidrat tak sehat, yang banyak mengandung minyak.

Ilustrasi nyeri lutut
Ilustrasi nyeri lutut (IST)

"Misalnya pagi-pagi makan gorengan, diganti sama pisang rebus, ubi rebus kan karbo yang baik," kata dr Zaidul Akbar dilansir Serambinews.com pada kanal YouTube Bamol TV, Selasa (23/11/2021).

dr Zaidul Akbar yang juga alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro ini menyarankan agar berhenti mengonsumsi makanan yang bersifat olahan dan kemasan.

"Biasanya banyak bahan-bahan di sana yang memperberat masalah di tubuh kita khususnya di pencernaan," lanjutnya.

Baca juga: Nyeri Punggung Adalah Salah Satu Gejala Awal Penyakit Batu Ginjal, Kenali 3 Peringatan Dini Lainnya

Selanjutnya, konsumsilah makanan yang mengandung bakteri baik prebiotik dan probiotik seperti tempe kurma dan habbatussauda.

Selain memperbaiki pencernaan, makanan tersebut dapat memperbaiki keseimbangan dalam tubuh.

Tak hanya itu, dr Zaidul Akbar turut menyarankan rutin mengonsumsi rempah atau rimpang seperti serai, kunyit dan habbatussauda.

Rempah atau rimpang dapat mengembalikan keseimbangan tubuh. Begitu juga dengan habbatussauda yang dapat memodulasi kembali sistem imun di dalam tubuh.

"Itu bisa mengembalikan kesimbangan, habatussauda juga bisa memodulasi lagi sistem imun di dalam tubuh kita," tuturnya.

Beliau juga menganjurkan penting agar menjaga pola pikir jangan sampai stres.

Baca juga: Dr Zaidul Akbar Ungkap Khasiat Kunyit, Jehe & Kayu Manis, Obat Anti Nyeri, Peradangan hingga Ginjal

Sangat penting untuk menghabiskan waktu liburan untuk pergi ke tempat wisata agar bisa menjaga keseimbangan tubuh.

"Karena memang kunci beban pikiran yang terlalu berlebihan menjadi masalah dan salah satu yang mungkin saya sarankan kalau bapak ibu punya kesempatan, ya sebulan sekali untuk piknik atau mungkin camping, tracking, haiking atau ke air terjun, atau mungkin ke kaki gunuung, ke sawah sawah seperti itu, pergilah kesana itu seperti kita megembalikan lagi keseimbangan tubuh kita ke alam," katanya.

Terakhir, kata dr Zaidul Akbar juga sangat penting untuk menyerahkan diri sepenuhnya kepada sang Pencipta. (Serambinews.com/Firdha Ustin)

Baca juga: Fakta Cekcok Ibu Arteria Dahlan dan Wanita Ngaku Anak Jenderal TNI, Ini Awal Kasusnya

Baca juga: Perusahaan Migas Aceh PT Pema Global Energi (PGE) Buka Lowongan Kerja, Ada 29 Posisi, Cek Syaratnya

Baca juga: Viral Masuk Toilet SPBU Harus Bayar, Erick Thohir Langsung Turun Tangan dan Minta Digratiskan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved