Breaking News:

Berita Aceh Tengah

Aceh Tengah Tuan Rumah Lokakarya Program KOTAKU

Kabupaten Aceh Tengah menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan lokakarya program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang diikuti 4 kabupaten di Provinsi Aceh

Penulis: Mahyadi | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Kegiata lokakarya tentang Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) diikuti empat kabupaten di Provinsi Aceh yang dilangsungkan di Aula Hotel Linge Landa, Kota Takengon, Rabu (1/12/2021) 

Laporan Mahyadi |  Aceh Tengah

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Kabupaten Aceh Tengah menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan lokakarya program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) yang diikuti empat kabupaten di Provinsi Aceh.

Lokakarya KOTAKU yang berlangsung di Hotel Linge Land, Kota Takengon, Rabu (1/12/2021) diikuti para Pokja Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Program KOTAKU serta para pejabat Bappeda  dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Nagan Raya dan Aceh Barat.

Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar yang diwakili Sekda, Subhandhy AP M Si ketika membuka acara itu, menuturkan, program KOTAKU merupakan salah satu upaya strategis pemerintah untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkokataan.

“Selain itu, untuk mendukung program Gerakan 100-0-100, yaitu 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak,” kata Subhandhy.

Baca juga: 3 Terduga dan BB Puluhan Kilogram Sabu Masih Diamankan di Kantor BNNK Langsa

Dia sebutkan, untuk dapat mencapai target 100-0-100 dan penanganan kawasan kumuh perkotaan, perlu dilakukan oleh semua pihak dengan tetap mengedepankan pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.

“Terutama sekali semua pihak yang ada dilingkungan pemerintah kabupaten harus bersedia untuk bekerjasama untuk menata kualitas kawasan permukiman kita agar lebih baik,” ungkap Subhandhy.

Disisi lain, lanjutnya, dengan adanya lokarkarya diharapkan akan muncul berbagai strategi dalam penanganan kawasan kumuh perkotaan.

“Sehingga dapat merumuskan alternatif solusi yang sesuai dengan kebutuhan
masyarakat,” lanjutnya.

Baca juga: Kisruh Tapal Batas UIN dan USK Berakhir Damai, Ini 5 Pasal Kesepakatan Kedua Pihak

Diskusi dalam lokakarya dilaksanakan secara panel dengan moderator Anggota Pokja PKP Aceh Tengah, Zulkifli ST dan menghadirkan empat narasumber, diantaranya T Davis Hamid selaku Kasatker BPPW Aceh, Kepala
Bappeda Aceh Tengah Amir Hamzah, Anggota DPRK Aceh Tengah, Khairul Ahadian, dan T Masren selaku Korkot 01 KOTAKU Aceh Tengah.

Selain itu, diikuti oleh Askot Mandiri Aceh Barat, Tim Korkot Aceh Tengah, Camat 3 dari kecamatan seputar Kota Takengon, 9 Reje ‘Kampung dan 9 Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) diseputaran Kota Takengon. (*)

Baca juga: Pemotongan Honor Tenaga Honorer Aceh Tamiang Dibatalkan

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved