Breaking News:

Berita Bireuen

Mahasiswa Umuslim Gelar Pentas Budaya Jepang

Kegiatan ini diharapkan terus terlaksana setiap tahun untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan mahasiswa terhadap budaya negara lain.

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Taufik Hidayat
Dok Umuslim
Mahasiswa Umuslim menggelar pentas budaya Jepang, dilaksanakan di kampus Umuslim secara daring dan luring, Jumat (03/12/2021) 

Laporan Yusmandin Idris | Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan  Bireuen peserta  program transfer kredit Internasional ke Nagoya Gakuin Internasional  (NGU) Jepang, Jumat (03/12/2021) mengelar  pentas budaya Jepang, dilaksanakan di kampus Umuslim  secara daring dan luring.

Kegiatan tersebut diinisiasi Azzurra Mayasyi mahasiswa prodi Hubungan Internasional Fisip Umuslim,  salah seorang mahasiswa peserta transfer kredit Internasional di Nagoya Gakuin Internasional (NGU) Jepang.

Program transfer kredit Internasional merupakan program hibah yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud Ristek, dan Umuslim sebagai salah satu Perguruan Tinggi  pemenang hibah, program transfer kredit Internasional tahun 2021.

Programini  juga merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memfasilitasi mahasiswa dalam upaya menguatkan dan menambah kompetensi melalui program studi lain atau perguruan tinggi lain di luar negeri.

Diharapkan mahasiswa dapat merasakan pengalaman belajar secara daring di Universitas Nagoya Gakuin University bersama dengan mahasiswa dari berbagai Negara dari seluruh dunia.

Baca juga: MPD Aceh Utara Segera Cairkan Beasiswa, Ini Cara dan Syarat Pencairannya

Baca juga: Dubes Ukraina Buat Ganjar Kagum, Dikarenakan Paham Sejarah Bangsa Indonesia

Menurut Azzurra Mayasyi sebagai salah satu program kegiatan, peserta diharuskan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama belajar secara daring di NGU dengan membagikannya kepada masyarakat sekitar.baik itu mahasiswa, siswa dan masyarakat secara umum.

Kegiatan tersebut dikemas dalam satu program bernama “Japanese Cultural Week," dengan beberapa agenda seperti perkenalan baju yukata dan kimono, perkenalan upacara teh, sharing bersama alumni student exchange, lomba menulis tulisan jepang.

Kemudian ngobrol virtual bersama.mahasiswa jepang dan ditutup dengan agenda mengenal sambil makan makanan jepang, rinci, Azzurra Mayasyi.

Selain itu peserta dari Universitas Almuslim juga  memperkenalkan berbagai tradisi adat budaya Aceh secara virtual kepada mahasiswa NGU dan mahasiswa asing lainnya, seperti memperkenalkan beberapa tradisi perkawinan adat aceh dan   tradisi “Peusijuek”, jelas Azzurra.

Disebutkan, acara Pentas Budaya Jepang yang digelar mahasiswa Umuslim, peserta tidak hanya dari kalangan mahasiswa, juga diikuti pelajar dan  siswa SMA di Bireuen, bahkan masyarakat umum juga ikut serta dalam acara ini, ungkapnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya untuk meningkatkan pengetahuan siswa dan mahasiswa terhadap budaya negara lain, sehingga ini dapat menumbuhkan sikap multikulturalisme, karena walapun sasaran program dengan mahasiswa NGU Jepang.

Peserta  juga ada berasal dari beberapa Negara didunia seperti Malaysia, Alaska, India, Banglades dan beberapa Negara Erofah lainnya. jelas Azzurra Mayasyi didampingi  Chairul Mufid dari Prodi Bahasa Inggris Fkip dan Raihan Hayati Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved