Breaking News:

Video

VIDEO Proses Melestarikan Situs Makam Kuno di Gampong Ateuk Jawo Banda Aceh

Kahubdam IM Letkol Jun H Mastra pada Serambi On TV menyebut bahwa pembersihan tersebut dilakukan karena kepedulian pada para ulama

Penulis: Syamsul Azman | Editor: Muhammad Hadi

SERAMBINEWS.COM - Situs makam kuno yang dikenali dengan Makam Tgk Pouja yang berlokasi di Gampong Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh, dilestarikan atau dibersihkan oleh Hubdam IM, Satpol PP, Mapesa, Mahasiswa dan beberapa unsur terkait lainnya pada hari Jumat (3/12/2021).

Di lokasi, Kahubdam IM Letkol Jun H Mastra pada Serambi On TV menyebut bahwa pembersihan tersebut dilakukan karena kepedulian pada para ulama sehingga diwujudkan dengan pembersihan makam-makam ulama terdahulu.

Selain itu, membersihkan makam kuno untuk melestarikan situs sejarah sehingga pada masa yang akan datang sejarah tetap utuh di lain generasi.

Letkol Jun menyebutkan, setiap hari Jumat ia bersama anggota dan jajaran dinas terkait melakukan pembersihan situs makam kuno.

Baca juga: Didominasi Anak Muda, Besok Pengurus PWI Aceh Dilantik di Sabang

Semenjak enam bulan terakhir, ia telah membersihkan setidaknya sudah 24 lokasi makam kuno di kawasan Banda Aceh-Aceh Besar.

Di lokasi yang sama, kolektor naskah kuno sekaligus praktisi sejarah Aceh Tarmizi A Hamid atau akrab disapa Cek Midi menyebutkan makam- makam kuno mengandung nilai sejarah sehingga patut untuk diselamatkan dan dilestarikan.

Keuchik Ateuk Jawo, Rusman Nur memprediksikan makam tersebut sudah ada sejak abad ke-16 atau lebih kurang 500 tahun yang lalu sudah ada di Gampong Ateuk Jawo, Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh

Laporan Syamsul Azman
Narator Firdha Ustin
Editor Syamsul Azman

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA Aceh Pernikahan Bule Amerika dengan Gadis Aceh, Putra Tu Sop dan Pemberondong

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA ACEH, Anak Gugat Ibu, Jembatan di Barat Selatan Aceh & Dapur Minyak Terbakar

Baca juga: VIDEO POPULER BAHASA ACEH Ikan Marlin 105 Kg, Harimau di Trumon dan Banjir Rendam Banda Aceh

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved