Breaking News:

Jurnalisme warga

Lezatnya Kupi Brownies Atjeh

Mendengar sebutan kopi, langsung terlintas dalam pikiran: ini pasti jenis tumbuhan biji-bijian yang kerap diolah menjadi minuman hitam

Editor: bakri
Lezatnya Kupi Brownies Atjeh
For Serambinews.com
WARDATUL FAJRIAH, Guru SDN 1 Klieng, Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, melaporkan dari Aceh Besar

OLEH WARDATUL FAJRIAH, Guru SDN 1 Klieng, Desa Kajhu, Kecamatan Baitussalam, melaporkan dari Aceh Besar

Mendengar sebutan kopi, langsung terlintas dalam pikiran: ini pasti jenis tumbuhan biji-bijian yang kerap diolah menjadi minuman hitam yang sangat familier dan disukai berbagai kalangan, muda-mudi, dewasa, bahkan orang tua.

Di kalangan pejabat dan pemerintah pun tidak ketinggalan menyajikan minuman yang satu ini.

Terbukti, ketika ada acara-acara resmi pemerintahan ataupun kegiatan rapat kerja, minuman kopi selalu tersedia, menemani hadirin pada kegiatan yang diselenggarakan.

Uniknya, di Aceh, setiap bertemu dengan teman, kerap terdengar ajakan "ngopi yuk", walaupun saat nongkrong di warung kopi (warkop) justru yang dipesan adalah the atau jus buah.

Dahulu, minuman ini hanya tersedia varian kopi hitam saja yang biasanya dinikmati oleh bapak-bapak di warkop yang legendaris, di bumi Serambi Mekah.

Sekarang, bertaburan kafe dan warung kopi yang menyediakan minuman citarasa kopi yang khas, khususnya di Banda Aceh.

Beberapa warung kopi didesain dengan keunikan masing-masing, sehingga Banda Aceh mendapat julukan dengan “Kota Seribu Warkop”.

Kini, minuman kopi sudah banyak variannya, di antaranya ada sanger kopi, white coffee, black coffee, green coffee, dan berbagai jenis varian kopi lainnya yang sudah diolah, untuk menambah minat bagi penggemar minuman tenar di Aceh ini.

Bila wisatawan datang ke Aceh, minuman khas yang pertama mereka cari adalah kopi aceh yang sudah sangat viral dan terkenal sampai ke luar negeri.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved