Breaking News:

Haba Kampus

50 Mahasiswa FKIP Unsam Dibekali Bela Negara di Makodim 0104/Atim

Komandan Kodim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa semangat Bela Negara harus selalu ada

Penulis: Zubir | Editor: Nur Nihayati
Dok Ratih
Para mahasiswa peserta pelatihan Bela Negara saat acara pembukaan di Aula Makodim 0104/Atim, di Kota Langsa. 

Komandan Kodim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa semangat Bela Negara harus selalu ada

Laporan Zubir   |   Langsa

SERAMBINEWS.COM, LANGSA - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samudra Langsa bekerjasama dengan Kodim 0104/Atim, Kamis (9/12/2021) mengadakan Pelatihan Bela Negara bagi 50 mahasiswa FKIP, di aul Makodim 0104/Aceh Timur.

Pelatihan Bela Negara menguaung tema " Jadilah Generasi Muda Yang Bernasionalisme Dan Cinta Tanah Air" akan berlangsung selama 3 hari hingga Sabtu (11/12/2021) mendatang.

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Unsam Drs. Muhammad Yakob, M.Pd., QIA., yang diwakili Ketua Jurusan IPS Dr. Tengku Muhammad Sahudra, S.Pd., M.Pd.

Komandan Kodim 0104/Atim, Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa semangat Bela Negara harus selalu ada didalam hati kita.

Baca juga: Sekda Aceh Ajak DWP Peduli UMKM

"Karena dengan adanya itu, Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap berdiri, dan kita semua diemba untuk menjaganya," ujarnya.

Dandim menambahkan, sebagai bagi Generasi Muda saat ini baik ke depannya merupakan tugas yang tidak ringan untuk menjaga Tanah Air Indonesia ini.

Untuk itu perlu setiap insan manusia kembali lagi agar menghayati meresapi dan melaksanakan apa yang terkandung didalam Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

"Kemudian kita tidak terpengaruh oleh bentuk Ideologi ideologi baru yang ingin meruntuhkan NKRI”, tegas Dandim.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Langsa Terpilih Sebagai Ketua DPP Sumbagut ASHESI

Menurut Letkol Czi Hasanul, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat menggugah semangat patriotisme pemuda /pemudi sebagai seorang mahasiswa.

Sehingga dapat dan bisa lebih mencintai Tanah Air serta sikap rela berkorban demi kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia.

Sementara itu, Dekan FKIP Unsam melalui Ketua Jurusan IPS, Dr. Tengku Muhammad Sahudra, M.Pd, berharap semoga kegiatan Bela Negara ini memberikan semangat baru bagi mahasiswa.

Hal ini sebagai bentuk implementasi Merdeka Belajar-Kampus Mengajar sehingga menjadi mahasiswa berkualitas serta berkarakter.

Bela negara wajib dilaksanakan di perguruan tinggi dalam rangka penguatan jati diri mahasiswa.

"Maka dari itu mulai sejak dini kita harus menumbuhkan rasa bela negera dilingkungan perguruan tinggi” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, timpalnya, peserta juga diharapkan nantinya dapat ikut ambil bagian dalam memerangi narkoba di lingkungan kampus maupun di luar kampus, menolak keterlibatan dalam paham-paham radikalisme dan.

Kemudian ikut serta melakukan counter narasi terhadap paham-paham radikal, ujaran kebencian dan narasi-narasi yang memecah belah bangsa. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved