Breaking News:

Doa Bersama

Haul Abon Aziz Samalanga, Santri MUDI Gemakan Zikir dan Doa Bersama

Doa, shalawat dan zikir sejak Selasa malam hingga Rabu pagi menjadi agenda utama disamping kenduri bersama dengan tamu terbatas. Tgk Zahrul yang juga

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/Foto dok Humas MUDI
Doa, shalawat dan zikir Haul Abon Aziz Samalanga ke-33, Rabu (12/01/2022) berlangsung di MUDI Samalanga, Bireuen sejak Selasa malam hingga Rabu pagi dan kenduri bersama dengan tamu terbatas. 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Peringatan Haul Allahuyarham Abon Aziz Samalanga ke-33 tahun, Rabu (12/01/2022) berbeda dengan tahun sebelumnya. Namun zikir dan doa serta kenduri masih menjadi prioritas sebagai agenda utama berlangsung di MUDI Mesjid Raya, Samalanga Bireuen.

Tgk H Zahrul Mubarak MPd yang disapa Abi MUDI, Kamis (13/01/2022) malam mengatakan, pelaksanaan Haul Allahuyarham Abon Aziz al-Mantiqi Samalanga ke-33 di tengah Pandemi Covid-19 berlangsung sederhana.

VIDEO Pelaku Pencuri Kotak Amal Dimandikan Layaknya Jenazah oleh Imam Masjid

Doa, shalawat dan zikir sejak Selasa malam hingga Rabu pagi menjadi agenda utama disamping kenduri bersama dengan tamu terbatas. Tgk Zahrul yang juga Wadir I Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga mengatakan Al-Mukarram Al-Mursyid Abu MUDI bersama para Wadir dan dewan guru melakukan samadiah dan doa bersama sementara di maqbarah Abon Aziz juga dilaksanakan shalawat dan doa bersama dengan orang khusus.

VIDEO Mantan Kadis Perikanan Aceh Timur Dicambuk 15 Kali, Pasangan Wanitanya 100 Kali

"Selain malam hari, pagi harinya panitia juga menggelar doa bersama di Masjid Po Teumeureuhom yang berada di kompleks Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dan diikuti juga alumni yang sempat hadir pada paginya," ungkapnya.

Dalam peringatan haul, ulama kharismatik Aceh yang merupakan alumni MUDI Samalanga hadir antara lain Al-Mukarram Abu Lamkawe, Al-Mukarram Abu Kuta Kreueng dan lainnya. Selai doa bersama di MUDI, doa dan zikir digelar di tempat masing-masing baik balee pengajian maupun dayah. Sementara tema Haul Abon Aziz Samalanga ke-33 kali ini "Membumikan Beut Seumeubeut".

Kegiatan Haul Abon Aziz ke-33 berlangsung sangat sederhana. Biasanya dua hari menjelang di Dayah MUDI Samalanga dan sekitarnya sudah padat transportasi dan konsentrasi tamu dari berbagai daerah baik luar Aceh atau luar negeri berdatangan. Kali ini hiruk pikuk dan beragam nuansa tersebut tidak terlihat sama sekali.

Bazar buku dan penjual kaki lima nyaris tak ada kecuali sejumlah para santri yang menjual buku Abon Aziz dan sejenisnya ada di sudut dan pinggiran Haul Abon Aziz Samalanga ke-33 kali ini.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved