Breaking News:

Berita Bireuen

Abon Aziz, Tokoh Almujaddid dan Lokomotif Perubahan Pendidikan Dayah Aceh

Syekh Abdul Aziz Al-Mantiqi atau Abon Aziz Samalanga sosok ulama besar Aceh sebagai "almujaddid" pasca Abuya Muda Waly Al-Khalidy

Penulis: Yusmandin Idris | Editor: Muhammad Hadi
FOR SERAMBINEWS.COM
Tgk Fauzan Asim Saleh, mahasiswa asal Aceh dan kini menempuh pendidikan Pascasarjana di Universitas Imam Auzai, Suriah menulis tentang Syekh Abdul Aziz Al-Mantiqi dalam momentum Haul Abon Aziz Samalanga ke-33, Rabu (12/01/2022) 

Laporan Yusmandin Idris I Bireuen

SERAMBINEWS.COM, BIREUEN - Syekh Abdul Aziz Al-Mantiqi atau Abon Aziz Samalanga sosok ulama besar Aceh bahkan dapat dikatakan sebagai "almujaddid" pasca Abuya Muda Waly Al-Khalidy.

Almarhum Abon Aziz  telah melakukan satu format sistem pendidikan dan pengkaderan ulama, buktinya dapat dirasakan dan dilihat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat khususnya Aceh.

Demikian antara lain disampaikan Tgk Fauzan Asim Saleh, mahasiswa asal Aceh dan kini menempuh pendidikan Pascasarjana di Universitas Imam Auzai, Suriah.

Hal itu disampaikan dalam momentum Haul Abon Aziz Samalanga ke-33, Rabu (12/01/2022)  dalam tulisannya ke Humas MUDI dan diterima Serambinews.com, Jumat  (14/01/2022).

Baca juga: Abu Mudi Terpilih sebagai Mustasyar PBNU Pusat, Ini Susunan Lengkap, Termasuk KH Ma’ruf Amin

Kabag Humas IAI Al Aziziyah, Tgk Mursalin kepada Serambinews.com mengatakan, Tgk Fauzan berada di Suriah sedang menempuh pendidikan dan Rabu (12/01/2022) menyempatkan diri mengikuti peringatan Haul ke 33 tahun dan mengirim rilisnya.

Dalam tulisannya, Tgk Fauzan mengatakan, dirinya meskipun tidak belajar di Dayah MUDI Samalanga.

Namun kebesaran alumni MUDI atau Al-Aziziyah Samalanga menjadi lokomotif dalam kehidupan beragama dan dunia pendidikan menjadi inspirasi dirinya dan mencintai Al-Aziziyah bahkan belajar lebih giat di negeri yang porak poranda akibat perang saudara.

"Jujur tanpa mengabaikan pihak selain Al-Aziziyah, keberadaan para alumni MUDI Samalanga atau Al-Aziziyah khususnya di Aceh mereka lebih menonjol di berbagai segmen dan panggung umum serta keagamaan termasuk berorganisasi.

Hal ini tentunya tidak terlepas dari berkah Abon Aziz Samalanga dalam mendidik anak didiknya yang kini diteruskan Al-Mukarram Abu Syekh Hasanoel Basri HG (Abu MUDI)," lanjutnya.

Baca juga: Haul Abon Aziz Samalanga, Santri MUDI Gemakan Zikir dan Doa Bersama

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved