Breaking News:

Berita Abdya

Disdukcapil Abdya Layani Perekaman e-KTP di Rumah-rumah, Silakan Ajukan Permohonan

“Kali ini sasaran kita kepada masyarakat yang sakit dan terbaring di rumah,” ujar Kabid Kependudukan Disdukcapil Abdya, Syamsuar Rustam. 

Penulis: Rahmat Saputra | Editor: Saifullah
For Serambinews.com
Petugas Disdukcapil Abdya melakukan perekaman e-KTP bagi masyarakat yang terbaring sakit di rumah sakit atau pun di rumahnya. 

Laporan Rahmat Saputra I Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Barat Daya (Disdukcapil Abdya) terus berusaha menghadirkan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP elektronik (e-KTP).

Salah satu layanannya adalah Disdukcapil siap menurunkan petugas perekam e-KTP bagi masyarakat yang terbaring sakit di rumah atau karena halangan lainnya.

Kabid Kependudukan Disdukcapil Abdya, Syamsuar Rustam mengatakan, pelayanan perekaman e-KTP ‘door to door’ dan jempaut bola itu merupakan program Disdukcapil dalam rangka meningkatkan jumlah masyarakat melakukan perekaman e-KTP

“Kali ini sasaran kita kepada masyarakat yang sakit dan terbaring di rumah,” ujar Kabid Kependudukan Disdukcapil Abdya, Syamsuar Rustam. 

Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin melakukan perekaman namun tidak bisa pergi ke Kantor Disdukcapil, maka bisa menghubungi petugas untuk bisa dilakukan perekaman.

Bahkan, Disdukcapil sudah menyiapkan tim yang siaga untuk memberikan layanan jemput bola tersebut.

Baca juga: Maksimalkan Program Jemput Bola, Disdukcapil Abdya Lakukan Perekaman e-KTP ke RSUTP 

 “Petugas akan datang langsung ke rumah sakit atau rumah yang bersangkutan tanpa dipungut biaya. Hingga saat ini, layanan ini sudah cukup banyak dimanfaatkan masyarakat Abdya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika masyarakat Abdya membutuhkan layanan jemput bola itu, pihak keluarga yang bersangkutan bisa datang ke Kantor Disdukcapil di Jalan Irian, Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie untuk mengajukan permohonan. 
Pilihan lainnya, pihak warga juga bisa mengajukan permohonan lewat aparatur gampong setempat. 

Jika saat mengajukan permohonan itu tim jemput bola sedang kosong jadwal, ungkapnya, maka perekaman bisa langsung dilakukan pada hari pendaftaran.

“Pastinya, layanan ini berusaha secepat mungkin karena masyarakat sangat butuh untuk mengurus proses pengobatan, seperti administrasi rumah sakit hingga pembuatan BPJS Kesehatan,” paparnya. 

Perekaman e-KTP system jemput bola itu, tambahnya, tidak hanya diperuntukkan bagi warga sakit di rumah sakit maupun rumah saja, tapi dapat diajukan bagi warga Abdya yang sekiranya mengidap ODGJ atau disabilitas. 

Baca juga: Disdukcapil Banda Aceh Datangi Dua Gampong, Terapkan Program Jemput Bola Pelayanan Adminduk

“Jadi, dengan adanya program seperti ini, masyarakat menjadi lebih sadar akan pentingnya tertib administrasi sebagai persyaratan awal pengurusan berbagai berkas,” urai dia.

“Terutama yang sakit karena mereka tak bisa datang ke Kantor Disdukcapil, maka kita akan turun ke rumah-rumah pemohon dengan layanan yang maksimal dan pastinya gratis,” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved