Breaking News:

Kesehatan

Ketahui Cara Mencegah Diabetes, Bapak dan Ibu Cukup Lakukan 3 Hal ini Kata dr Zaidul Akbar

Selain dengan konsumsi obat, cara mencegah diabetes bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami sebagaimana yang telah disarankan oleh dr Zaidul Akbar ini

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Muhammad Hadi
Foto: Hellosehat.com
Diabetes - Ahli kesehatan sekaligus pendakwah dr Zaidul Akbar, membagikan resep sehat untuk mencegah diabetes 

SERAMBINEWS.COM - Ahli ibunnews.com/tag/kesehatan' title='kesehatan'>kesehatan sekaligus pendakwah dr Zaidul Akbar, membagikan resep sehat untuk mencegah diabetes.

Kunci hidup sehat dan normal untuk mencegah diabetes adalah dengan mengontrol kadar gula darah dalam batas normal.

Selain dengan konsumsi obat, cara mencegah diabetes bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami, sehingga menjauhkan Anda dari risiko komplikasi naiknya kadar gula darah yang menjadi pemicu diabetes.

Melansir dari kanal YouTube Bisikan.com pada Selasa (25/01/2022), dr Zaidul Akbar yang juga sebagai pakar obat herbal ini membagikan tiga cara alami untuk menurunkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

1. Kayu Manis

dr Zaidul Akbar menyarankan rutin mengonsumsi minuman rempah untuk mengendalikan kadar gula darah, salah satunya minuman yang berasal dari kayu manis.

Tak hanya kayu manis, temulawak yang dicampur dengan pare juga bisa mengendalikan gula darah sehingga terhindar dari diabetes.

Baca juga: Simak, Rahasia Ketumbar dan Sederet Bahan Makanan yang Baik Dikonsumi Penderita Diabetes

Baca juga: Waspada! Berikut Gejala dan Penyebab Diabetes pada Usia 30an

"Pare dan temulawak memang pahit rasanya, tapi InsyaAllah dia baik sekali untuk memperbaiki sensitifitas dari insulin atau juga pankreas," kata dr Zaidul Akbar.

2. Hindari Nasi dan Makanan Bertepung

Mengendalikan gula darah, sebaiknya harus didampingi dengan pola makan sehat dan menghindari sumber makanan yang dapat menyebabkan naiknya kadar gula darah seperti nasi dan tepung.

"Tepung itu bukan karbohidrat seperti gula pasir. Cuman dia karbohidrat gitu lama-lama ketika orang rutin mengonsumsi tepung-tepungan, itu juga sama, lama-lama tubuhnya akan naik gula darah," lanjut dr Zaidul Akbar.

Sebaiknya, gantilah makanan tersebut dengan sumber makanan sehat.

Anda bisa mengonsumsi nasi yang berasal dari beras cokelat, beras hitam atau pun beras merah dan perlu diingat, konsumsi dalam jumlah yang terkontrol.

Baca juga: Jarang Terjadi, Ini 12 Gejala Langka Diabetes yang Perlu Diketahui, Salah Satunya Napas Berbau Buah

Baca juga: Tips Menurunkan Gula Darah Tinggi Agar Terhindar Diabetes, Begini Resep Sehat ala dr Zaidul Akbar

"Contoh begini kalau biasanya makan nasi putih, nasi putih bukan hanya di indeks glikemik yang tinggi gara-gara pupuk ureanya, tapi juga pupuk kimianya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved