Breaking News:

Berita PON

Nova Serahkan Usulan Venue PON ke KONI Pusat, Draft RPA dalam Tahap Finalisasi di Kemendagri

Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, menyerahkan usulan rencana pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara

Editor: bakri
Foto Kiriman Qahar Muzakkar
KONI Pusat menggelar Rapat koordinasi (Rakor) dengan Pemerintah Aceh, Pemprov Sumatera Utara, KONI Aceh serta KONI Sumut 

JAKARTA - Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, menyerahkan usulan rencana pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional ( PON) XXI tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Penyerahan itu diterima langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat, Letjen TNI (Purn) Marciano Norman di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2022).

Nova mengatakan, dirinya telah memberikan arahan kepada semua unit kerja untuk melakukan persiapan dan percepatan PON Aceh-Sumut XXI'> PON Aceh-Sumut XXI 2024, termasuk penentuan venue.

"Saya juga telah memerintahkan Kadispora Aceh dan KONI Aceh untuk berkoordinasi dengan Deputi IV Kemenpora RI untuk menyampaikan usulan rencana pembangunan venue PON di Aceh," kata Nova.

Adapun venue utama PON Aceh-Sumut XXI'> PON Aceh-Sumut XXI 2024 rencananya akan dibangun di Kuta Malaka, Aceh Besar, di lahan seluas 100 hektare.

Rencananya, akan ada 14 venue di luar stadion utama.

Beberapa fasilitas yang akan dibangun nantinya meliputi stadion utama, arena selam, perkantoran, kampus olahraga, RS olahraga, community center, hill top, lapangan panahan, asrama atau wisma atlet, lapangan rugby, dan gedung olahraga.

"KONI Aceh dengan Dispora hingga saat ini terus melakukan koordinasi dengan Sumut demi kesuksesan PON tahun 2024 ini," kata Nova.

Baca juga: PON XXI Aceh-Sumut Berpotensi Ditunda karena Pemilu dan Pilkada

Baca juga: Pembukaan PON Tetap di Aceh, Pemerintah Aceh Bantah Gubernur Sumut

Ia berharap PON Aceh-Sumut'> PON Aceh-Sumut mendapat kesuksesan besar dan melebihi PON sebelumnya, seperti yang telah terselenggarakan di Jawa Barat dan Papua.

"Sebagai Gubernur Aceh, dan seluruh aparatur KONI Aceh kami siap, yang terpenting PON-nya nanti sukses," ucapnya.

Menyangkut dengan hal-hal teknis lainnya, baik itu berupa venue dan cabang olahraga (cabor), Gubernur menyerahkan semua kepada KONI Aceh, apapun yang selama ini dibahas dengan KONI Sumut.

"Namun, nanti apa pun yang menjadi tanggung jawab pemerintah Aceh, akan kita siapkan.

Kalau Ketum (KONI Pusat) memanggil saya, saya bersedia," tambah Gubernur.

Sementara Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, mengajak Gubernur Aceh duduk bersama dengan Gubernur Sumatera Utara, serta ketua KONI kedua belah pihak, serta Menpora, guna melanjutkan kesepakatan yang telah terlebih dulu dibicarakan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved