Breaking News:

SNMPTN 2022

Tips Lulus SNMPTN 2022, Simak Pengalaman Tiga Mahasiswa Aceh Ini: Cek Kuota dan Jangan Blunder

Simak tips dan pengalaman tiga mahasiswa Aceh ini, agar Kamu bisa mempersipkan diri sebaik mungkin demi lulus seleksi SNMPTN 2022.

TWITTER LTMPT
Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2022 

Laporan Sara Masroni | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 sudah dibuka sejak 14 Februari.

Simak tips dan pengalaman tiga mahasiswa Aceh ini, agar Kamu bisa mempersipkan diri sebaik mungkin demi lulus seleksi SNMPTN 2022.

Untuk diketahui, pendaftaran SNMPTN 2022 dibukan sejak 14 Februari dan akan ditutup pada 28 Februari 2022 pukul 15.00 WIB.

Pendaftaran dibuka secara resmi oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

SNMPTN merupakan salah satu jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dianggap istimewa karena tanpa tes dan diperuntukkan bagi siswa berprestasi unggul.

Baca juga: Aturan dan Cara Memilih Prodi untuk Pendaftaran SNMPTN 2022, Jangan Lupa Cek Juga Kuota Prodinya

Dikutip dar Kompas.com (4/1/2022), kuota SNMPTN 2022 hanya 20 persen. Sisanya diberikan untuk mereka yang masuk PTN melalui jalur lainnya.

Sementara kuota tiap-tiap sekolah berbeda sesuai akreditasi yang dimiliki. Sekolah dengan akreditasi A mendapat kuota sebesar 40 persen siswa, akreditasi B sebesar 25 persen, akreditasi C dan lainnya sebesar 5 persen.

Terdata sebanyak 75 perguruan tinggi negeri, 39 politeknik negeri, dan 11 perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama akan mengikuti SNMPTN 2022.

Selain kuota dan nilai rapor yang perlu diperhatikan saat mendaftar SNMPTN, indeks sekolah sangat mempengaruhi karena akan dikalikan dengan nilai rapor. Angka akhir tersebut yang kemudian digunakan untuk pendaftaran SNMPTN.

Selanjutnya, penghargaan atau prestasi yang pernah diraih selama duduk di bangku SMA, akan mempengaruhi seorang calon mahasiswa baru lulus perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN ini.

Tips Lulus SNMPTN

Witriani, mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK), membagikan tips dan pengalamannya mengikuti seleksi dan lulus SNMPTN 2021.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2022 - Ini Daftar Jurusan yang Sepi Peminat di UGM, UI, Unpad, Undip dan UB

Menurutnya, yang pertama dia lakukan sebelum mendaftar SNMPTN adalah, mengcek terlebih dahulu kuota yang diberikan setiap sekolah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved