Breaking News:

Berita Aceh Timur

Suplai Air Bersih ke Pelanggan Terhenti Karena Sumur Intake Tersumbat Lumpur Banjir, PDAM Mohon Maaf

Mesin pompa yang ada dalam sumur intake tersumbat lumpur akibat air sungai masuk ke dalam sumur

Penulis: Seni Hendri | Editor: Muhammad Hadi
Dok PDAM Tirta Peusada Aceh Timur
Sumur intake berkapasitas 50 liter per detik, milik PDAM Tirta Peusada, yang berada di pinggir sungai Peureulak di Desa Bhom Lama, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, tenggelam arus sungai Peureulak yang meluap. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur 

SERAMBINWS.COM, IDI - Sumur intake berkapasitas 50 liter per detik, milik PDAM Tirta Peusada, 
yang berada di pinggir sungai Peureulak di Desa Bhom Lama, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, mengalami penyumbatan lumpur sehingga suplai air bersih kepada pelanggan terhenti sejak Sabtu (26/2/2022) sore.

"Kami mohon maaf kepada pelanggan atas terhentinya suplai air bersih dari fasilitas PDAM yang ada di Buket Tateh, Desa Blang Barom, karena sumur intake tersumbat lumpur banjir arus sungai," ungkap Direktur PDAM Tirta Peusada, Iskandar SH, kepada Serambinews.com, Minggu (27/2/2022).

Mesin pompa yang ada dalam sumur intake tersumbat lumpur akibat air sungai masuk ke dalam sumur.

Hal ini terjadi karena air sungai Peureulak meluap pasca tiga hari dilanda hujan deras, dan sampai Minggu sore arus sungai masih terus meningkat. 

Baca juga: Tanggul belum Diperbaiki, Tiga Kampung di Aceh Tamiang Terendam Banjir

Akibat sumur intake tenggelam arus sungai dan tersumbat lumpur, maka suplai air bersih ke beberapa desa dalam wilayah Kecamatan Ranto Peureulak, dan Peureulak Barat, terhenti.

Diantaranya suplai air bersih terhenti ke Desa Blang barom, Pulo Blang, Seuneubok Johan, Seuneubok Baro, Seuleumak Muda,  Paya Unoe, Teumpeun, Desa Kabu, Beuringen, Tanjong Tualang, Gampong Beusa, dan Paya Gajah. 

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Terhenti suplai air ini bukan karena kerusakan teknis, melainkan karena faktor bencana alam,  karena itu kami mohon pengertian dari pelanggan," ungkap Iskandar. 

Baca juga: Tanggul belum Diperbaiki, Tiga Kampung di Aceh Tamiang Terendam Banjir

"Apabila arus sungai sudah surut, langsung kita lakukan pengurasan air dari dalam sumur intake, dan kita perbaiki pompa yang terendam lumpur agar distribusi air bersih kepada pelanggan normal kembali.

Sedangkan suplai air bersih kepada pelanggan dari fasilitas PDAM lainnya tidak ada masalah dan suplai air bersih berjalan normal, " ujarnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved