Breaking News:

Bincang Serambi Ramadhan

Bincang Serambi Ramadhan - Ketua MPU Aceh: Kemuliaan Bulan Ramadhan Ini Banyak Sekali

Lem Faisal mengatakan, kegembiraan menyambut bulan Ramadhan bukan diartikan sebagai kegembiraan liburnya anak sekolah.

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Amirullah
Tangkapan Layar Youtube/Serambi On TV
Ketua MPU Aceh, Tgk H Faisal Ali mejadi narasumber dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Minggu (3/4/2022) yang dipandu langsung Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur. 

Bincang Serambi Ramadhan - Ketua MPU Aceh: Kemuliaan Bulan Ramadhan Ini Banyak Sekali

SERAMBINEWS.COM – Allah SWT memerintahkan umat manusia untuk menjalankan ibadah puasa sebagaimana yang terkandung dalam QS Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu ber puasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Jika dicermati ayat ini bahwa kewajiban ber puasa bukan hanya identik dengan umat Nabi Muhammad SAW, tetapi umat terdahulu sudah Allah wajibkan untuk ber puasa.

Hal itu disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk H Faisal Ali S.Sos.I dalam program Bincang Serambi Ramadhan, Minggu (3/4/2022) yang dipandu oleh Pemimpin Redaksi Serambi Indonesia, Zainal Arifin M Nur.

Baca juga: ISAD dan Serambi Indonesia Selenggarakan Kajian Ramadhan Sebulan Penuh, Live di Youtube dan Facebook

Program ini disiarkan secara langsung setiap hari pukul 16.30 WIB selama bulan Ramadhan di Youtube Serambi On TV dan Facebook Serambinews.

Program khusus dalam bulan Ramadhan kerjasama Serambi Indonesia dengan Ikatan Sarjana Alumni Dayah (ISAD).

Lem Faisal, sapaan akrab Ketua MPU Aceh itu, mengatakan Rasulullah SAW menyebutkan bulan Ramadhan merupakan bulan kemuliaan.

“Kemuliaan bulan Ramadhan ini banyak sekali. Salah satunya kemuliaan di segi amal ibadah yang kita lakukan di bulan puasa, yaitu begitu banyak Allah berikan pahala kepada kita,” katanya.

Di dalam bulan puasa, amal-amal sunnah yang dikerjakan akan Allah balas dengan pahala seperti dia mengerjakan ibadah wajib.

Lem Faisal mengatakan, kegembiraan menyambut bulan Ramadhan bukan diartikan sebagai kegembiraan liburnya anak sekolah, berkurangnya jam kerja atau tidak melakukan aktivitas.

Baca juga: Dari Waktu Imsak Hingga Hukum Main Game Saat Puasa, Ini Daftar Kajian Ramadhan di Serambi On TV

“Gembira itu adalah karena Allah menyediakan begitu istimewanya bagi orang-orang yang beramal shaleh di dalam bulan puasa,” terangnya.

Kegembiraan itu, kata Pimpinan Dayah Mahyal 'Ulum Al-Aziziyah Sibreh, seharusnya diwujudkan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan melakukan ibadah di bulan ini.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved