Breaking News:

Idul Fitri 1443 H

Minal Aidin Wal Faizin atau Taqabbalallahu Minna Wa Minkum? Begini Ucapan Idul Fitri yang Benar

Pada kesimpulannya, mengucap minal aidin wal faizin atau taqabbalallahu minna waminkum diperbolehkan dan tidak ada larangan dalam dalil mana pun.

Penulis: Sara Masroni | Editor: Yeni Hardika
FREEPIK.COM
Ilustrasi ucapan selamat Idul Fitri 2022. 

SERAMBINEWS.COM - Menjelang lebaran 2022 biasanya bertebaran ucapan selamat Idul Fitri di pesan WhatsApp dari kerabat, rekan kerja hingga sahabat dan teman lama.

Diketahui lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1443 H diperkirakan bakal jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Sementara warga Muhammadiyah sudah lebih dahulu memastikan untuk merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1443 H pada Senin, 2 Mei 2022.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan sebagaimana tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 H.

Beberapa ucapkan yang familiar untuk selamat lebaran seperti minal aidin wal faizin dan taqabbalallahu minna wa minkum bertebaran di WA jelang Idul Fitri.

Minal aidin wal faizin berarti semoga Allah SWT menjadikan kami dan Anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung.

Baca juga: Kumpulan 40 Link Download Twibbon Ucapan Hari Raya Idul Fitri 2022, Gratis dan Bisa Langsung Pakai

Baca juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Hari Raya Idul Fitri 2022, Diumumkan Sore Ini Pukul 19.15 WIB

Sedangkan taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum, kulla ‘amin wa antum bikhoir berarti semoga Allah menerima (puasa) kita dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan.

Lalu bagaimana dengan penulisan ucapan di Idul Fitri 2022 di WA yang benar beserta balasannya? Serambinews.com merangkumnya sebagai berikut:

Ucapan Idul Fitri 2022 di WA yang Benar Beserta Balasannya

Sebenarnya mengucap selamat Hari Raya Idul Fitri itu tidak pernah dicontohkan dan tidak juga dilarang oleh Rasulullah SAW.

Maka, jumhur ulama mengatakan, hukum mengucapkan selamat lebaran atau selamat Idul Fitri itu mubah (boleh).

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata, bahwa jika para sahabat Rasulullah SAW berjumpa dengan hari ied (Idul Fitri atau Idul Adha), satu sama lain saling mengucapkan, "Taqabbalallahu minna wa minkum".

Imam Ahmad berkata, "Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di Hari Raya Idul Fitri mengucapkan: Taqabbalallahu minna wa minka".

Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah ditanya, "Apa hukum mengucapkan selamat hari raya? Lalu adakah ucapan tertentu kala itu?"

Baca juga: Menyentuh! Ini Link Download Lagu Takbiran Idul Fitri Ustadz Jefri Al Buchori, Lengkap MP3 dan MP4

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved