Breaking News:

Kajian Islam

Pertahankan Kebaikan Ramadhan pada Bulan Lain dan Jaga Dua Rongga, Khutbah Jumat di Masjid HKL

Kebaikan atau amalan-amalan yang sering dikerjakan dalam bulan Ramadhan, akan lebih baik tetap diteruskan di bulan selain Ramadhan.

Editor: Syamsul Azman
SERAMBINEWS.COM/SYAMSUL AZMAN
Khatib adalah Tgk H Ridwan Ibrahim, S.Ag, M.Pd dan imam shalat Tgk H Takdir Feriza, S.Pd (13/5/2022) 

SERAMBINEWS.COM – Kebaikan atau amalan-amalan yang sering dikerjakan dalam bulan Ramadhan, akan lebih baik tetap diteruskan di bulan selain Ramadhan.

Seperti melaksanakan shalat malam, memperdalam ilmu dalam Alquran dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya. Karena hidup sebenarnya adalah sepanjang usia puasa, apabila hidup dijalankan dengan sebaik-baiknya, menahan segala hal yang dilarang dan mengerjakan yang diperintahkan, maka ketika berbuka (meninggal) manusia akan mendapatkan balasan yang mulia dari Allah SWT.

Mengenai mempertahankan kebaikan ini disampaikan oleh khatib shalat Jumat di Masjid Haji Keuchik Leumiek (HKL) Banda Aceh (13/5/2022).

Khatib adalah Tgk H Ridwan Ibrahim, S.Ag, M.Pd dan imam shalat Tgk H Takdir Feriza, S.Pd.

Baca juga: Hanan Attaki dan Muzammil Hasbalah Dijadwalkan Isi Tausiah di Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh

Senantiasa Ikuti Yang Dilakukan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW senantiasa melakukan kebaikan, bukan hanya di bulan Ramadhan, bulan lain juga Rasulullah senantiasa berbuat baik dan beramal shaleh.

Sebagai umat Rasulullah SAW, sudah sewajarnya mengikuti anjuran maupun perintah Rasulullah, melaksanakan kebaikan sebagaimana dilakukan Nabi Besar Muhammad SAW juga sebagai bukti seorang Muslim beriman.

Hal kecil yang bisa dilakukan Muslim setelah Ramadhan selesai, yakni dengan tetap meneruskan ibadah yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Apabila ketika Ramadhan sering membaca Alquran, maka setelah Ramadhan hal itu juga bisa terus dilanjutkan.

Apabila ketika Ramadhan sering shalat malam, setelah Ramadhan juga bisa dilanjutkan.

Apabila dalam bulan Ramadhan setiap harinya berpuasa, maka setelah Ramadhan, bisa melanjutkan dengan puasa Sunnah Senin Kamis dan sebagainya.

Melanjutkan ibadah demikian sama halnya meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Baca juga: Kilas Balik Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh, Impian Sang Saudagar Sekaligus Tokoh Pers Aceh

Hidup Akan Menjadi Lebih Baik Apabila Beriman

Telah menjadi janji Allah SWT, apabila seorang hamba beriman dan beramal shaleh, maka kebaikan hidup akan diberikan Allah pada dirinya, di dunia dan di akhirat.

Seorang yang menjalankan hidupnya sesuai ajaran agama, Allah akan menjamin hidupnya di dunia dan di akhirat, jaminan Allah berupa memberikan kebaikan kepada hamba-Nya.

Berbuat kebaikan memang tidak mudah, akan banyak cobaan dan rintangan dihadapi, cobaan demi cobaan akan dialami manusia, hal itu untuk melihat sejauh mana keimanan seorang hamba pada ketentuan Yang Maha Kuasa.

Dua bagian pada tubuh yang sangat perlu untuk dijaga, dua organ ini sumber dari dosa, yakni mulut dan kemaluan, dari dua rongga ini sumber dosa berasal.

Jika dua rongga ini selalu dijaga, janji Rasulullah SAW, manusia akan masuk ke dalam surga.

“Ada dua hal yang mesti selalu dijaga, yakni mulut dan kemaluan, barang siapa menjaga kedua organ itu, maka dijamin oleh Rasulullah akan masuk surga, karena sumber dosa itu ada pada dua rongga itu,” ucap khatib. (Serambinews.com/Syamsul Azman)

Baca juga: VIDEO Tarawih Pertama Ramadhan 1443 H di Masjid Haji Keuchik Leumiek Banda Aceh

Baca juga: VIDEO Komunitas Motor Laksanakan Road to Shalat Isra Miraj Event Masjid Haji Keuchik Leumiek

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved