Breaking News:

BUMN Salurkan Minyak Goreng Curah Rp14.000 per Liter, Bisa Dibeli di Pasar dan Warung

Penyaluran dilakukan sejak akhir pekan kemarin dimulai dari pasar tradisional di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur dan hanya berlangsung selama bulan

Editor: Faisal Zamzami
Kompastv
Minyak goreng curah 

SERAMBINEWS.COM - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mulai menyalurkan minyak goreng curah seharga Rp14.000 per liter ke 5.000 pasar tradisional di Indonesia.

Penyaluran dilakukan sejak akhir pekan kemarin dimulai dari pasar tradisional di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur dan hanya berlangsung selama bulan Mei.

Selain Jakarta dan sekitarnya, pasar tradisional yang menjadi lokasi penyaluran berasa di provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi.

"Pilot project distribusi minyak goreng curah ke 5.000 titik akan dilaksanakan BUMN Pangan ID FOOD bersama anak usahanya di sektor Perdagangan, yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan Rajawali Nusindo," kata Wakil Menteri BUMN Pahala Mansyuri seperti dikutip dari Antara, Senin (16/5/2022).

Pahala menjelaskan, dalam eksekusinya pemerintah melibatkan pengecer minyak goreng sebagai kepanjangan tangan BUMN pangan dalam menyalurkan minyak goreng kepada masyarakat.

"Tidak hanya pedagang ataupun pengusaha skala besar, para pengecer atau warung-warung, bahkan UMKM bisa menjadi mitra BUMN dalam pendistribusian minyak goreng," ujar Pahala.

Baca juga: Harga Minyak Goreng Curah Cenderung Turun, Dampak dari Larangan Ekspor Sementara CPO

Baca juga: Indonesia Larang Ekspor, Malaysia Ambil Keuntungan dengan Dominasi Pasar Minyak Sawit di India

Program ini dilakukan Kementerian BUMN, karena saat ini harga minyak goreng curah masih tinggi padahal sudah disubsidi pemerintah.
 
Pemerintah mendorong BUMN Pangan untuk memperluas pasar hingga ke tingkat kecamatan, RT dan RW untuk mendata rumah tangga yang membutuhkan minyak goreng.

"Dengan begitu, tidak ada lagi kelangkaan pasokan minyak goreng karena sudah dilakukan pemetaan mulai skala kecil hingga tingkat RT, RW dan pengecer atau pengusaha kecil dalam pendistribusian minyak goreng," jelasnya.

Pahala menyebut, BUMN Pangan akan menyiapkan platform khusus pengembangan dari aplikasi Warung Pangan.

Aplikasi tersebut nantinya bisa membantu pendistribusian minyak goreng secara daring serta memantau keterjangkauan harga minyak goreng Rp14.000 per liter sampai ke tingkat konsumen ataupun masyarakat.

“Realisasi program distribusi minyak goreng ini merupakan salah satu upaya BUMN dalam mewujudkan visi kedaulatan pangan nasional," tandasnya. (Antara)

Baca juga: AS Cabut Ektremis Yahudi Meir Kahane dan Pejuang Palestina Dari Daftar Hitam Teroris

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini, Senin (16/5/2022), Berikut Harga Emas Per Gram

Baca juga: Kabar SEA Games 2021– Kecerdikan Shin Tae-yong Kalahkan Myanmar & Bawa Timnas Indonesia ke Semifinal

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved