Breaking News:

Berita Banda Aceh

Ini Kriteria Pj Gubernur Aceh Menurut Safaruddin YARA: Harus Punya Jejaring Kuat ke Pusat

“Semua itu memerlukan sosok Pj Gubernur Aceh yang memiliki jejaring kuat dengan berbagai pihak di Pusat dengan eksekutif maupun dengan legislatif"

Penulis: Agus Ramadhan | Editor: Muhammad Hadi
For Serambinews.com
Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA), Safaruddin SH 

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Aceh masih memiliki pekerjaan rumah yang masih perlu dilakukan dengan lebih serius. Tiga diantaranya adalah kebijakan, keuangan dan investasi.

Kebijakan terkait dengan menyelesaikan turunan UUPA, termasuk di dalamnya revisi atau penguatan UUPA.

Keuangan terkait masa depan keberlanjutan Dana Otsus.

Sedangkan investasi terkait pengelolaan PMDN dan PMA serta hak Aceh dalam mengelola SDA serta pelabuhan Sabang.

“Semua itu memerlukan sosok Pj Gubernur Aceh yang memiliki jejaring kuat dengan berbagai pihak di Pusat, baik itu dengan eksekutif maupun dengan legislatif,” kata Safaruddin, Senin 20 Juni 2022.

Safaruddin mengatakan, dari sejumlah nama yang sudah muncul dan beredar di masyarakat, maka nama yang paling tepat untuk menjadi Pj Gubernur Aceh adalah Indra Iskandar.

Baca juga: Ini Sosok Pj Gubernur Aceh yang Tepat Menurut Abu Doto

“Beliau itu dekat dengan legislatif yang sangat menentukan kebijakan terkait Aceh, dukungan DPR RI pasti sangat dibutuhkan, dan saya kira, beliau mampu menggalang dukungan legislatif untuk Aceh,” sebut Safaruddin.

Ditambahkan, Indra Iskandar juga dekat dengan kalangan partai politik penentu di Indonesia yang dengan sendirinya juga memiliki koneksi dengan Presiden RI.

“Kekuatan lobi ini sangat diperlukan, juga untuk memuluskan berbagai kepentingan Aceh, termasuk menjaga apa yang sudah dimiliki Aceh saat ini,” kata Safaruddin.

Baca juga: 34 Tahun Berumah Tangga, Pasangan Suami Istri Ini Rupanya tak Sah Menikah, Begini Ceritanya

Disampaikan Safaruddin, semua syarat lainnya juga sangat penting, misalnya orang Aceh, memahami Aceh, paham Islam dan lainnya.

“Semua itu sudah tentu penting, namun jika berbasis kebutuhan terkini Aceh, maka tiga pekerjaan rumah di atas perlu diselesaikan, dalam waktu singkat sehingga ketika ada Gubernur Aceh difinitif hasil Pilkada 2024, dapat mempercepat akselerasi pembangunan di Aceh,” sebut Safar.(*)

Baca juga: Aktivis Dayah Dukung Mantan Pangdam IM Ahmad Marzuki Jadi Pj Gubernur Aceh, Ini Alasannya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved