Breaking News:

Pulau Banyak

Libur Sekolah, Wisatawan Mulai Berdatangan ke Pulau Banyak, Ini Lokasi Favorit

Kondisi serupa dengan objek wisata di Kecamatan Pulau Banyak Barat. Wisatawan lokal mulai berdatangan, hanya saja belum terjadi lonjakan.

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/DEDE ROSADI
Objek wisata pantai Pulau Panjang, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, jadi salah satu lokasi favorit. Foto direkam 29 Maret 2022 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Objek wisata andalan Kabupaten Aceh Singkil, yaitu Pulau Banyak, mulai dikunjungi wisatawan pada libur panjang sekolah.

Hanya saja masih dalam kelompok-kelompok kecil dan sedang. Lonjakan besar kunjungan wisatawan diperkirakan baru terjadi pada pekan terakhir libur sekolah.

"Lonjakan besar tidak ada, tapi kelompok kecil dan sedang selalu datang," kata Camat Pulau Banyak, Mukhlis, Jumat (24/6/2022).

Pengunjung yang datang umumnya wisatawan lokal dan Nusantara. Sementara wisatawan manca negara masih minim.

Dyah Erti Idawati Mengaku Takjub pada Keindahan Pulau Banyak

Kondisi serupa dengan objek wisata di Kecamatan Pulau Banyak Barat. Wisatawan lokal mulai berdatangan, hanya saja belum terjadi lonjakan.

Sesuai namanya Kepulauan Banyak, yang terdiri dari Kecamatan Pulau Banyak dan Kecamatan Pulau Banyak Barat, memiliki banyak destinasi wisata.

Akan tetapi ada objek wisata favorit yang wajib dikunjungi jika berlibur ke gugusan pulau di batas Samudra Hindia itu.

Pertama adalah Pulau Panjang. Pulau yang berjarak sekitar 20 menit naik perahu dari Pulau Balai, ibu kota Kecamatan Pulau Banyak, itu menghadirkan hamparan pasir putih serta pemandangan biru tosca air laut.

Di pulau Panjang, wisawan juga bisa mandi air laut, swafoto dan menikmati air kelapa muda dan kuliner sambil duduk di gazebo.

Berikutnya desa wisata Pulau Balai. Di lokasi itu pengunjung bisa menikmati jembatan Balaibung, yang menghubungkan Pulau Balai dengan Teluk Nibung. Lalu mancing dari cottage yang berada di atas hamparan air laut.

Lokasi wisata wajib dikunjungi lainnya adalah Pulau Rangit, dengan mercusuarnya. Wisatawan bisa naik mercusuar untuk melihat hamparan gugusan pulau-pulau eksotik.

Bergeser ke pualu Palambak. Di pulau itu pengunjung bisa melihat ikan kecil berlompatan ke permukaan laut dari sela trumbu karang. Palambak juga cocok untuk menenangkan diri dari hiruk-pikuk dunia.

Lalu Pulau Sikandang dan Tailana. Di dua pulau eksotik wisatawan bisa snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut seperti akuarium raksasa.

Bosan menikmati laut wisatawan bisa menuju Mato Air di Pulau Haloban. Di sana wisatawan bisa merasakan sensasi dinginnya mandi air tawar di tengah kepungan lautan.

Bukan hanya Mato Air, di Pulau Banyak Barat juga ada objek wisata Nago Resort yang terkenal akan keindahan serta atraksi ikan dugong.

Kemudian bisa juga naik gunung Tiusa, yang merupakan puncak tertinggi di Kepulauan Banyak.

Bagi yang memiliki adrenalin lebih bisa mengunjungi Ujung Lolok, untuk selancar dan pulau Bangkaru. Di pualu Bangkaru, wisatawan selain bisa selancar juga melihat penyu langka dunia.

Ke Pulau Banyak, dari Singkil bisa ditempuh dengan naik kapal Aceh Hebat 3, boat tradisional serta speed boat. Sementara untuk menuju lokasi wisata dari pulau Balai, bisa sewa perahu yang disediakan pelaku wisata.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved