Breaking News:

Kajian Islam

Hari Ini Ridwan Kamil Berangkat Haji Atas Nama Eril Bareng Atalia dan Zara, Bolehkah dalam Islam?

Bagaimana hukum beribadah haji dengan mengatasnamakan orang lain yang sudah meninggal seperti yang dilakukan Ridwan Kamil?

Penulis: Firdha Ustin | Editor: Amirullah
Instagram @ataliapr
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menunaikan ibadah haji atas nama mendiang putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.  

Hari Ini Ridwan Kamil Berangkat Haji Atas Nama Eril Bareng Atalia dan Zara, Bolehkah dalam Islam?

SERAMBINEWS.COM - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menunaikan ibadah haji atas nama mendiang putra sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril. 

Ridwan Kamil berangkat haji setelah mendapat undangan dari Kerajaan Arab Saudi, RK akan berangkat hari ini Senin, 4 Juli 2022 beserta istri, Atalia Praratya dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra.

Kabar berangkatnya Ridwan Kamil beserta keluarga ke Tanah Suci diketahui melalui unggahan terbaru sosok nomor satu di Jawa Barat itu.

Ibadah haji yang dilakukan tahun ini oleh Ridwan Kamil ia niatkan untuk almarhum Eril.

"BERHAJI ATAS NAMA ERIL, Besok Senin saya sebagai Gubernur, akan pergi menunaikan tugas memimpin jemaah Haji Jawa Barat yang berjumlah 17,000-an jemaah. Doakan aman kondusif selama di sana.

Sekalian di momen ini, saya akan berhaji atas nama almarhum Emmeril Kahn Mumtadz. Karenanya, tadi pagi ziarah, pamit dan berdoa di makam Eril.

Mohon doanya dari semua agar diberi kelancaran dan seluruh jemaah haji Jawa Barat dan Indonesia lancar dan sehat selamat kembali ke tanah air sebagai Haji mabrur dan Hajjah mabrurah. Aamiin," tulis Ridwan Kamil di Instagram pada Minggu (3//7/2022).

Ridwan Kamil meniatkan berhaji atas nama sang anak, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Atau yang dikenal dengan badal haji, yaitu melaksanakan ibadah haji atas nama orang lain yang sudah meninggal.

Lantas, bagaimana hukum beribadah haji dengan mengatasnamakan orang lain yang sudah meninggal seperti yang dilakukan Ridwan Kamil?

Baca juga: Berangkat Haji Atas Nama Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Bawa Doa-doa Warganet ke Tanah Suci

Mengenal Badal Haji, Beribadah Haji dengan Mengatasnamakan Orang Lain yang Sudah Meninggal

Dilansir laman jatim kemenag.go.id, badal haji adalah kegiatan menghajikan orang yang telah meninggal (yang belum haji) atau menghajikan orang yang sudah tak mampu melaksanakannya (secara fisik) disebabkan oleh suatu udzur, seperti sakit yang tak ada harapan sembuh.

Ketika musim haji, banyak hal-hal yang berkaitan dengan ibadah haji yang ditanyakan oleh masyarakat.

Di antaranya adalah mengenai hukum badal haji untuk orang yang sudah meninggal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved