Breaking News:

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Menpan RB Ad Interim, Gantikan Tjahjo Kumolo Hingga 15 Juli 2022

Penunjukkan Tito sebagai Menpan-RB ad interim berlaku sejak surat tersebut ditandatangani, yaitu pada Senin (4/7/2022) kemarin hingga 15 Juli 2022

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Agus Ramadhan
For Serambinews.com
Mendagri Muhammad Tito Karnavian - Presiden Jokowi tunjuk Tito Karnavian jadi Menpan RB, sementara rangkap jabatan hingga 15 Juli 2022. 

Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Menpan RB Ad Interim, Gantikan Tjahjo Kumolo Hingga 15 Juli 2022

SERAMBINEWS.COM - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) telah menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Menpan RB).

Penunjukan ini bersifat sementara hingga Jokowi memutuskan siapa yang akan mengisi kekosongan jabatan Menpan Rb, menggantikan Tjahjo Kumolo yang telah meninggal dunia pada Jumat (1/7/2022).

Penunjukan Tito sebagai Menpan RB ad interim ini tertuang dalam surat bernomor B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 4 Juli 2022.

Dengan dikeluarkannya surat perintah tersebut, Tito yang saat ini masih menjabat sebagai Mendagri secara resmi merangkap jabatan Menpan RB untuk sementara waktu.

Penunjukkan Tito sebagai Menpan-RB ad interim berlaku sejak surat tersebut ditandatangani, yaitu pada Senin (4/7/2022) kemarin hingga 15 Juli 2022 mendatang.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian Pastikan Penjabat Kepala Daerah Akan Dievaluasi Setiap Tiga Bulan

"Berkenaan dengan wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dengan hormat kami beri tahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Dalam Negeri sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ad interim, dari tanggal 4 s.d. 15 Juli 2022," tulis surat tersebut seperti dilansir dari laman Kemenpan-RB, Selasa (5/7/2022).

Alasan penunjukkan Tito sebagai Menpan RB

Melansir Tribunnews.com, Rabu (6/7/2022), Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini menjelaskan hal ini merupakan sesuatu yang wajar.

Alasannya, kata Faldo, karena saat ini kita semua masih dalam suasana duka sepeninggal Tjahjo Kumolo.

"Ad interim bukan Plt dan biasanya kalau ada kunjungan luar negeri seorang menteri sakit dan berhalangan lainnya selalu ada yang namanya ad interim."

"Jadi hal ini sangat biasa saja tentu dengan mempertimbangkan berbagai faktor (alasannya)."

"(Termasuk salah satunya) saat ini kita semua masih dalam suasana berduka dan kita harus sensitif yang paling penting semua fungsi pemerintahan dapat berjalan dengan baik dan kami pastikan itu," jelas Faldo yang dikutip Tribunnews.com dari dari tayangan Kompas Tv, Rabu (8/6/2022).

Baca juga: Mendagri M Tito Karnavian Dijadwalkan Buka Gelaran IIWAS 2022 di Bali 

Diketahui, Tjahjo meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat setelah mendapatkan perawatan intensif selama 13 hari akibat infeksi organ perut dan organ dalam lainnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved