Breaking News:

Berita Banda Aceh

Kemenag Aceh Cairkan TPG Madrasah Non PNS Bulan April & Mei 2022, Total Rp 5 Miliar untuk 1.422 Guru

“Tunjangan profesi bagi guru madrasah non PNS, merupakan salah satu upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan mutu

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nur Nihayati
SERAMBINEWS.COM/Handover
Dr Iqbal MA, Kakanwil Kemenag Aceh 

“Tunjangan profesi bagi guru madrasah non PNS, merupakan salah satu upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan mutu

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Aceh mencairkan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Madrasah Non PNS jatah bulan April dan Mei 2022 dengan jumlah Rp 5.466.263.700 bagi 1.422 guru non PNS pada madrasah.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal MAg kepada Serambinewscom, Selasa (12/7/2022) mengatakan sesuai peraturan perundang-undangan TPG diberikan kepada guru madrasah non PNS yang telah memiliki sertifikat pendidik dan sudah memenuhi syarat sesuai ketentuan.

“Tunjangan profesi bagi guru madrasah non PNS, merupakan salah satu upaya Kementerian Agama untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional melalui melalui peningkatan kesejahteraan guru non PNS di Madrasah,” kata Iqbal. 

Iqbal menyebutkan, total anggaran TPG Madrasah yang telah disalurkan dari Januari hingga Mei 2022 sebesar Rp 13.761.706.300 dari total pagu jatah Aceh sebesar Rp 35 miliar bagi 1.435 guru non PNS Madrasah seluruh Aceh.

Iqbal berharap, pemberian tunjangan profesi ini dapat meningkatkan semangat pengabdian para guru madrasah agar tercapainya target pembangunan pendidikan nasional.

Selain itu, tunjangan ini juga diharapkan dapat membantu guru dalam memenuhi kebutuhan keluarga, terutama kebutuhan anak-anak diawal masuk sekolah pada tahun ajaran baru.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Zulkifli SAg MPd menambahkan, jumlah anggaran yang disalurkan untuk periode April dan Mei 2022 sebesar Rp 5.466.263.700 untuk 1.422 guru non PNS pada madrasah di Aceh.

Rincian dari total tersebut, Rp 2.808.263.700 adalah tunjangan profesi bagi guru non PNS yang sudah sertifikasi dan dan sudah inpasing sebanyak 536 orang guru. 

"Selanjutnya anggaran sebesar Rp 2.658.000.000 dibayarkan untuk guru non PNS yang sudah sergur namun belum inpassing sebanyak 886 orang guru," sebut Zulkifli.

Sub Koordinator Guru Bidang Pendidikan Madrasah Dr Efendi MSi menyatakan dalam bulan Juli ini pihaknya kembali mencairkan TPG jatah bulan Juni 2022. 

"Masih dalam bulan Juli ini insyallah akan dilakukan pembayaran Tunjangan Profesi Guru Madrasah non PNS untuk jatah bulan Juni tahun 2022," kata dia.(*) 

Baca juga: Camat Pidie Kukuhkan TPG Demesro

Baca juga: Dr Iqbal Kakanwil Kemenag Aceh

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved