Breaking News:

Idul Adha 2022

Di Tengah Wabah PMK, Lembaga Amal Asal Prancis Salurkan 4.399 Paket Daging Kurban di Aceh Utara

Penyembelihan 66 hewan kurban yang didistribusikan menjadi 4.399 paket ini dilakukan di 3 kecamatan di Aceh Utara, yaitu di Kecamatan Langkahan,

Penulis: Yeni Hardika | Editor: Zaenal
SERAMBINEWS.COM/HANDOVER
Lembaga amal asal Prancis Secours Islamique France (SIF) menyalurkan 4.399 paket daging kurban Idul Adha 1443 H kepada masyarakat di tiga kecamatan di Aceh Utara. 

SERAMBINEWS.COM – Secours Islamique France (SIF), lembaga amal asal Prancis, menyalurkan 4.399 paket daging kurban Idul Adha 1443 H, kepada masyarakat di tiga kecamatan di Aceh Utara.

Penyaluran daging kurban ini dilaksanakan oleh SIF bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI).

“Penyembelihan 66 hewan kurban yang didistribusikan menjadi 4.399 paket ini dilakukan di 3 kecamatan di Aceh Utara, yaitu di Kecamatan Langkahan, Kecamatan Matangkuli, dan Kecamatan Lhoksukon,” tulis Faisal Rahman, Koordinator Qurban SIF & YKMI, dalam siaran pers kepada Serambinews.com, Rabu (13/7/2022).

Dikutip dari Wikipedia.org dan secours-islamique.org, Secours Islamique France (SIF) adalah organisasi non-pemerintah Prancis untuk solidaritas nasional dan internasional.

Didirikan pada tahun 1991, asosiasi ini bergerak di bidang bantuan kemanusiaan dan bantuan pembangunan, di Prancis dan di seluruh dunia.

Asosiasi ini didasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan Islam, nilai-nilai solidaritas dan penghormatan terhadap martabat manusia.

Baca juga: Hewan Kurban di Bireuen Capai 3.795, Hampir Merata Semua Gampong dan Miliki SKKH untuk Cegah PMK

Pihak Secours Islamique France menyatakan asosiasi ini didedikasikan untuk mengurangi kemiskinan dan kerentanan di Prancis dan di seluruh dunia, tanpa dakwah atau diskriminasi.

Ada 66 hewan kurban dari SIF yang didistribusikan menjadi 4.399 paket kurban
Penyembelihan 66 hewan kurban yang didistribusikan menjadi 4.399 paket dari SIF dilakukan di 3 kecamatan di Aceh Utara, yaitu di Kecamatan Langkahan, Kecamatan Matangkuli, dan Kecamatan Lhoksukon, bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI).

Mereka mendasarkan misinya pada perintah Allah dalam Alquran Almaidah ayat 32) yang berbunyi:

".... Barang siapa yang menyelamatkan seorang manusia, seolah-olah ia menyelamatkan seluruh umat manusia".

Koordinator Kurban 1443 H SIF & YKMI, Faisal Rahman, mengatakan, kegiatan kurban tahun ini memiliki tantangan tersendiri, karena dilakukan di tengah masih mewabahnya PMK (penyakit mulut & kuku) yang menyerang hewan ternak di Aceh.

Karena itu, kata Faisal, pemilihan hewan kurban dilakukan dengan cara mengikuti prosedur kesehatan hewan yang sangat ketat.

“Kami melakukan seleksi ketat terhadap setiap hewan kurban yang kami salurkan, sehingga setiap hewan kurban telah dinyatakan sehat dan bebas PMK,” kata Faisal.

Baca juga: Jumlah Hewan Kurban di Kota Langsa 984 Ekor, Sudah Kantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan

“Selain itu kami juga melihat antusiasme dan semangat warga dalam menyelenggarakan kurban masih tetap menyala di tengah wabah PMK,” imbuhnya.

paket daging kurban lembaga amal asal Prancis bekerja sama dengan YKMI
Tim YKMI menyebarkan sebanyak 4.399 kupon yang dibagikan kepada penerima manfaat dengan berbagai kriteria seperti duafa, yatim, janda, lansia, serta para penyandang disabilitas.

Masih dalam rilis yang sama, Mansur, Keuchik Gampong Buket Linteung, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara menyampaikan rasa syukurnya atas penyelenggaraan kurban di desanya, yang berlangsung lancar dan aman di tengah wabah PMK.

“Kami sangat bersyukur di tengah wabah PMK kami masih dapat menyelenggarakan kurban dan dapat menyalurkan daging kurban kepada warga kami. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi warga kami mengingat masih belum pulihnya ekonomi warga pascapandemi COVID-19,” ungkap Mansur.

Baca juga: Panitia Kurban Gampong Lueng Bata Banda Aceh Sembelih 21 Sapi dan 10 Kambing, Dibagi 1.000 Tumpuk

Tim YKMI menyebarkan sebanyak 4.399 kupon yang dibagikan kepada penerima manfaat dengan berbagai kriteria seperti duafa, yatim, janda, lansia, serta para penyandang disabilitas.

Selain menyalurkan hewan kurban di Aceh, YKMI melalui dukungan dari berbagai donor lainnya seperti Muslim Aid dan Innsamlingsteamet juga menyalurkan hewan kurban di wilayah NTB, Sulawesi Tengah, dan Jawa Barat.(*)

BACA BERITA LAINNYA DI SINI

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved