Breaking News:

Berita Banda Aceh

Alhamdulillah Minat Masyarakat Perbatasan Masuk Islam Terus Meningkat

Hingga saat ini mualaf yang sudah menyelesaikan pembinaan mencapai 60 orang dari segala usia, dan mayoritas usia muda.

Editor: Syamsul Azman
Serambi on TV
Forum Dakwah Perbatasan bekerjasama dengan Dewan Dakwah melakukan pembinaan mualaf di Markas Dewan Dakwah Aceh, telah dimulai sejak maret 2021. Hingga saat ini mualaf yang sudah menyelesaikan pembinaan mencapai 60 orang dari segala usia, dan mayoritas usia muda. Setiap Angkatan dibatasi hingga lima belas orang saja dengan pertimbangan efektifitas pembinaan. 

SERAMBINEWS.COM - Forum Dakwah Perbatasan bekerjasama dengan Dewan Dakwah melakukan pembinaan mualaf di Markas Dewan Dakwah Aceh, telah dimulai sejak maret 2021.

Hingga saat ini mualaf yang sudah menyelesaikan pembinaan mencapai 60 orang dari segala usia, dan mayoritas usia muda.

Setiap Angkatan dibatasi hingga lima belas orang saja dengan pertimbangan efektifitas pembinaan.

Menurut informasi dari Muchlis Pohan aktifis Dakwah FDP dan pengusaha kebun sawit di Subussalam, peminat untuk ikut pembinaan sangat tinggi, tapi karena alasan perkerjaan para mualaf dan keterbatasan FDP dalam pelaksanaan berkaitan dengan fasilitas tampung maka pembinaan masih dalam skala kecil.

Menurut Daniel Rinanda SE yang menyelesaikan SI jurusan Perbankan Syariah, ustaz yang langsung menangani para mualaf mulai dari kedatangan hingga mereka diberangkatkan kembali ke daerah asal, motif para mualaf masuk Islam sangat berfariasi, mulai dari alasan perkawinan, tertarik pada kawan atau anggota keluarga yang sudah Islam dan menjalani hidup lebih tenang, dan lebih dominan adalah faktor lingkungan yang menginspirasi untuk masuk Islam.

Baca juga: FDP Kembali Sekolahkan 70 Anak Perbatasan ke Pesantren dan Perguruan Tinggi

Ada juga yang awalnya hanya karena ingin menikah lalu dibina untuk satu minggu saja, namun setelah melewati proses pembinaan tersebut malah ingin melanjutkan hingga selesai selama satu bulan setengah.

Daniel ustaz muda yang sangat menikmati sebagai Pembina mualaf, mengatakan banyak diantara para mualaf berurai air mata ketika harus pulang ke tempat asal, mereka haus untuk menyempurnakan ilmu keislamannya.

Diantara alumni yang sangat berkesan dan mengispirasi banyak para non muslim lain, ingin masuk islam.

Seorang pedagang di Subussalam yang sebelumnya tidak bisa tidur di awal-awal malam, ia hanya bisa tidur menjelang pagi dan bangun tengah hari, mata selalu merah, karena mabuk dan jaga malam.

Namun setelah ia masuk Islam ia dapat tidur nyenyak di awal malam dan bangun sebelum subuh.

Di kampungnya ia aktif mendakwahkan Islam kepada tetangganya, bahkan mengunjungi rumah-rumah muslim untuk mengajak shalat jamaah di masjid, dia dengan anaknya aktif memakmurkan masjid.

Baca juga: VIDEO Forum Dakwah Perbatasan Tebar 52 Hewan Kurban di Pedalaman Aceh-SUMUT

Dr. Abizal Muhammad Yati Lc, MA Sekjen Forum Dakwah Perbatasan menganalisa sesuai informasi dari lapangan; banyak menjadi mualaf karena peran para dai pedalaman dan perbatasan.

Para dai sangat berperan dalam menjelaskan Islam kepada masyarakat awam yang kebanyakan tidak perduli dengan urusan agama.

Ada sebagian termotivasi masuk Islam setelah melihat kerabatnya mendapat perhatian khusus dari Forum Dakwah Perbatasan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved