Breaking News:

Pendidikan

PGRI Aceh Singkil Minta Pj Bupati Fokus Urus Pendidikan 

Umpamanya terkait porsi anggaran pendidikan sebesar 20 persen. Anggaran tersebut mesti benar-benar dialokasikan untuk pengembangan

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Ansari Hasyim
SERAMBINEWS/FOR SERAMBINEWS.COM
Menurut M Najur, pendidikan di Kabupaten Aceh Singkil sudah menunjukan berprogres peningkatan. Namun belum sesuai harapan.  

Laporan Dede Rosadi l Aceh Singkil

SERAMBINEWS.COM, SINGKIl -  Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis diminta fokus urus pendidikan di Kabupaten Aceh Singkil. 

Umpamanya terkait porsi anggaran pendidikan sebesar 20 persen. Anggaran tersebut mesti benar-benar dialokasikan untuk pengembangan pendidikan.

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bireuen Rakor dengan Kepala SMA/SMK/SLB, Polisi Saweu Sikula Dimulai

"Pj Bupati Aceh Singkil kami minta mencurahkan perhatiannya untuk dunia pendidikan di Tanoh Syekh Abdurrauf As Singkily. Porsi 20 persen anggaran pendidikan harus benar-benar diberikan dan dialokasikan untuk dimanfaatkan demi pengembangan pendidikan," kata Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Aceh Singkil, M Najur, Minggu (24/7/2022).

Menurut Najur, pendidikan di Kabupaten Aceh Singkil sudah menunjukan berprogres peningkatan. Namun belum sesuai harapan.

Gelar Budaya Gayo Jakarta: Teruna Jaya Toweren Unggul Empat Angka dari Kemara Bujang Kung

Selain soal keberpihakan anggaran, kebijakan pendidikan menurut Najur haruslah sepenuhnya diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. 

Sebab yang paham persoalan pendidikan adalah dinas itu sendiri.

"Salah satu contoh saat pengangkatan kepala sekolah harus prosedural, jangan ada pihak-pihak lain yang ikut andil seolah-olah mereka paham tentang pendidikan," tukasnya.

Di sisi lain Najur menyinggung, soal kesejahteraan guru. 

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, terebut menyebutkan, anggaran tunjangan prestasi kerja dan honor guru harus sejak awal tertampung dalam APBK. Hindari kebiasaan lama anggaran tersebut baru dianggarkan pada perubahan APBK, itupun setelah ada protes.

"Jangan sampai seperti biasanya mesti diperjuangkan terlebih dahulu oleh PGRI Aceh Singkil barulah dianggarkan, itupun dimasukkan dalam anggaran perubahan," ucap Najur.

Najur juga berharap honor operator sekolah masuk dalam APBK. Mengingat operator merupakan urat nadi sekolah di bidang data. 

Kemudian yang perlu mendapat perhatian Pemkab Aceh Singkil, kesejahteraan tenaga kependidikan jenjang SMA, SMK, SLB dan GTK di bawah Kemenag. Sebab perannya telah membantu mencerdaskan anak-anak Aceh Singkil.(*)

Dokter Paru Aceh Gelar Pertemuan Ilmiah, Hadirkan Dua Guru Besar

Gelar Budaya Gayo Jakarta: Teruna Jaya Toweren Unggul Empat Angka dari Kemara Bujang Kung

Prajurit TNI bersama Komponen Warga Gotong Royong Susun Nisan Kuno Diduga Sempat Terhempas Tsunami

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved