Breaking News:

Berita Politik

KIP Aceh Pertanyakan Keseriusan Pemerintah Aceh Sukseskan Pemilu 2024: Kami Belum Dapat Info Apapun

KIP Aceh belum mendapat informasi apapun tentang langkah pemerintah daerah untuk melakukan rapat koordinasi (rakor) sebagai dukungan kelancaran Pemilu

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Saifullah
Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Parmas KIP Aceh, Tgk Akmal Abzal 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mempertanyakan keseriusan Pemerintah Aceh dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

Ketua Divisi Pendidikan Pemilih dan Parmas KIP Aceh, Tgk Akmal Abzal kepada Serambinews.com, Minggu (24/7/2022), mengatakan, masa pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024, dimulai dari 29 Juli hingga 13 Desember 2022.

“Jika kita merujuk pada jadwal di PKPU tersebut, maka dalam satu minggu ke depan, proses perjalanan tahapan di KIP Aceh bisa disebut amatlah krusial, bahkan menjadi titik awal dari segenap tahapan yang ada,” kata Tgk Akmal.

Namun demikian, sambungnya, sampai dengan pergantian Gubernur Aceh dari defenitif kepada Pj Gubernur Aceh, KIP Aceh belum mendapat informasi apapun tentang langkah pemerintah daerah untuk melakukan rapat koordinasi (rakor) sebagai dukungan kelancaran pesta demokrasi ini.

“Idealnya dengan semangat kebersamaan dan saling mendukung para pihak dapat berpartisipasi bersama KIP untuk memastikan proses pendaftaran nanti bisa berjalan lancar dan aman,” ujar dia.

Sebagai penyelenggara, KIP telah menyurati Forkompinda Aceh tidak lama setelah tahapan dilaunching di KPU RI pada 14 Juni yang lalu.

Baca juga: KIP Aceh Gelar Rakor Data Pemilih Pemilu 2024, Jumlah Pemilih di Aceh Hingga Juni 3.545.271 Jiwa

Hanya Wali Nanggroe Aceh dan Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM) yang telah melakukan pertemuan dengan KIP Aceh beberapa hari yang silam.

Sementara selebihnya belum ada informasi terbaru, termasuk dengan Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki. 

“Sudah saatnya semua kepala daerah, apalagi yang bertindak sebagai Pj Gubernur atau Pj Bupati dan Wali Kota untuk mengangendakan rapat koordinasi dengan penyelenggara di kabupaten/ kota masing-masing guna menyerap informasi dan perkembangan persiapan pra-pendaftaran akhir Juli mendatang,” ungkap Tgk Akmal.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved