Breaking News:

Berita Banda Aceh

Tanggapi Usulan Bacaleg DPR dan DPD RI asal Aceh Wajib Uji Baca Alquran, KIP: Ide Menarik

"Ide dan gagasan yang menarik, bagi KIP Aceh sebagai penyelenggara tentu senang menerima masukan dari para pihak," ujar Tgk Akmal

Penulis: Masrizal Bin Zairi | Editor: Nur Nihayati
For Serambinews.com
Akmal Abzal 

"Ide dan gagasan yang menarik, bagi KIP Aceh sebagai penyelenggara tentu senang menerima masukan dari para pihak," ujar Tgk Akmal

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Usulan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR dan DPD RI asal Aceh wajib ikuti uji baca Alquran ditanggapi positif oleh berbagai pihak di Aceh.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan ( KIP) Aceh Tgk Akmla Abzal mengatakan bahwa usulan tersebut merupakan ide atau gagasan yang menarik dibicarakan.

Hal ini tidak terlepas dari status Aceh sebagai daerah kekhususan dan menerapkan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Apalagi uji baca Alquran menjadi salah satu tahapan yang wajib diikuti oleh setiap bacaleg DPRA dan DPRK, bahkan saat pemilihan kepala daerah (pilakda) di Aceh.

"Ide dan gagasan yang menarik, bagi KIP Aceh sebagai penyelenggara tentu senang menerima masukan dari para pihak," ujar Tgk Akmal kepada Serambinews.com, Sabtu (30/7/2022).

Menurutnya, gagasan ini layak ditindak lanjuti oleh DPRA dan Pemerintah Aceh dengan membuat regulasi sebagai pengikatnya.

Sebab pendaftaran calon legeslatif DPR RI tidak melalui KIP Aceh namun semua dukomen bacaleg disampaikan oleh DPP partai politik nasional ke KPU RI.

" KIP Aceh diberi wewenang menerima berkas bacaleg DPRA dan KIP kabupaten/kota hanya menerima berkas bacaleg DPRK," sebutnya.

Pada bagian akhir, Tgk Akmal kembali menegaskan bahwa gagasan ini layak diskusi mekanisme dan regulasinya hingga di level nasional.

"Sedangkan KIP hanya sebagai eksekutor atas amanah regulasi yang ada," tutup pria kelahiran Aceh Barat Daya (Abdya) ini.

Sebelumnya, usulan bacaleg DPR dan DPD RI asal Aceh wajin mengikuti uji baca Alquran disampaikan oleh pakar hukum Aceh, Imran Mahfudi.

"Bukankah bacaleg DPR dan DPD RI juga merupakan perwakilan rakyat Aceh dan daerah pemilihannya juga di Aceh, kenapa kepada mereka tidak diberlakukan uji baca Alquran?" kata Imran.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved