Breaking News:

Info Singkil

Layanan Puskesmas Singkohor Tetap Buka, Dinkes Aceh Singkil Pastikan Besok Dokter Umum Masuk

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Haryono, untuk membantah informasi yang menyebutkan Puskesmas Singkohor tutup. 

Penulis: Dede Rosadi | Editor: Mursal Ismail
Dokumen Dinkes Aceh Singkil
Petugas Puskesmas Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, bekerja seperti biasa, Kamis (11/8/2022) 

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Haryono, untuk membantah informasi yang menyebutkan Puskesmas Singkohor tutup. 

SERAMBINEWS.COM, SINGKIL - Layanan Pukesmas Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, tetap buka seperti biasa. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Haryono, untuk membantah informasi yang menyebutkan Puskesmas Singkohor tutup. 

"Pelayanan tetap jalan sebagaimana biasa," kata Haryono, Kamis (11/8/2022). 

Memang sebut Haryono, dari 16 jenis layanan Puskesmas Singkohor, ada tiga layanan yang tidak berjalan optimal yaitu poli umum, rawat inap dan adminitrasi yang memerlukan tandatangan dokter umum. 

Penyebabnya tenaga dokter definitif yang bertugas di Puskesmas Singkohor sedang menjalani cuti melahirkan. 

Namun permasalahan tersebut segera teratasi, sebab dokter umum pengganti segera masuk. "Insha Allah besok pagi (dokter umum pengganti) sudah masuk," ujar Haryono.

Baca juga: Resmikan Puskesmas Singkohor, Bupati Aceh Singkil: Ini Bagian Wujudkan Visi Sehat

Sementara untuk pelayanan lainnya masih tetap berjalan sebagaimana mestinya.

"Pendaftaran pasien, KIA, laboratarium, poli gigi, ruang gizi, apotek, imunisasi dan lain-lain tetap berjalan normal sebagaimana biasa," kata Haryono.

Sebenarnya antisipasi kekosongan dokter umum sudah dilakukan sejak awal, ketika Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, Subarsono, mengeluarkan nota dinas untuk menunjuk dokter Erwin Sipayung sebagai pengganti sementara sambil menunggu dokter pengganti yang definitif.

Nota Dinas itu, diterbitkan 1 Agustus 2022 dengan Nomor: 860/1600/2022 ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan, H Subarsono, SMn.

Kemudian pada 5 Agustus 2022 Bupati Aceh Singkil, menerbitkan Surat Keputusan Nomor: PEG. 824.3/955/2022 perihal penunjukan dr Afriliansyah sebagai dokter definitif yang akan bertugas di UPTD Puskesmas Singkohor.

Baca juga: Agar Nikah Lebih Dekat, Warga Singkohor Hibahkan Tanah untuk KUA ke Kemenag Aceh Singkil

Penjabat (Pj) Bupati Aceh Singkil, Marthunis, telah mengintruksikan agar dokter yang telah ditunjuk segera bertugas untuk mengisi kekosongan dokter di UPTD Puskesmas Singkohor yang sedang menjalani cuti hamil, sehingga seluruh pelayanan kesehatan dapat berjalan normal kembali.

"Dokter yang telah ditunjuk agar segera malaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Singkohor dapat berjalan dengan maksimal sebagaimana mestinya," ujar Marthunis. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved