Breaking News:

Ketua Komisi I DPRA Iskandar Al-Farlaky Harap Martti Ahtisaari Diundang pada Peringatan Damai Aceh

Menurut Iskandar, para pihak yang dimaksud yaitu para tokoh baik dari Pemerintah Indonesia ketika itu dan petinggi GAM, serta tokoh lainnya.

FOR SERAMBINEWS.COM
Iskandar Usman Al-Farlaky 

 


SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Ketua Komisi I DPR Aceh, Iskandar Usman Al-Farlaky meminta perayaan Hari Damai Aceh yang jatuh pada 15 Agustus 2022 turut menghadirkan para pihak yang terlibat dalam proses penandatanganan perjanjian di Helsinki.

Para pihak yang terlibat dalam MoU Helsinki supaya diundang pada perayaan Hari Damai Aceh sehingga acara tersebut lebih berkesan dan bermakna.

“Kita minta perayaan Hari Damai Aceh dihadiri para pihak yang terlibat dalam perjanjian atau MoU Helsinki,” kata Iskandar, Minggu (14/8/2022).

Menurut Iskandar, para pihak yang dimaksud yaitu para tokoh baik dari Pemerintah Indonesia ketika itu dan petinggi GAM, serta tokoh lainnya.

Kemudian juga perlu dihadirkan mantan Presiden Finlandia, Martti Ahtisaari selaku penengah dalam perjanjian di Helsinki.

Baca juga: Khawatir Diracun dan Dibunuh, Bharada E akan Dijaga Ketat 24 Jam, LPSK Kawal Semua Kegiatannya

Baca juga: Kakak Tolong Adik Berakhir Tragis, Keduanya Meninggal Dunia Karena Tenggelam di Alur

Baca juga: Putri Candrawathi Bisa Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J Jika Terpenuhi Unsur Ini

“Ini saya nilai penting agar semua pihak bisa melihat sejauh mana jalannya damai yang digagas di Helsinki dulu. Jadi perayaan Hari Damai Aceh bukan sekadar seremonial belaka. Bukan sekadar seremonial yang selesai acara selesai," ujar politisi muda Partai Aceh ini lagi.

“Dengan hadirnya para pihak tadi, akan ada diskusi terkait persoalan-persoalan Aceh yang belum tuntas. Kemudian menjadi pembahasan dan ada komitmen dari para pihak untuk membantu menuntaskan persoalan tadi,” ujar politisi asal Aceh Timur ini lagi.

Baca juga: Profil Aulia Sofyan, Anak Tokoh Peusangan, Besok Dilantik Jadi Pj Bupati Bireuen

Baca juga: Iskandar Alfarlaky Kecam Kematian Warga Aceh di Tangerang, Minta Kapolres Tangerang Usut Tuntas

Dirinya berharap persoalan yang mengganjal antara Aceh dan pemerintah pusat dapat segera dituntaskan serta tak menjadi persoalan di kemudian hari.


“Kalau melihat proses damai di sejumlah negara, banyak yang akhirnya kembali berkonflik karena adanya persoalan yang tak tuntas. Kita tak ingin ini terjadi di Aceh,” kata mantan aktivis mahasiswa IAIN Ar-Raniry ini lagi.(*)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved